Dr. Faisal Riza, MA, dosen Pemikiran Politik Islam, UIN Sumatera Utara
Dr. Faisal Riza, MA, dosen Pemikiran Politik Islam, UIN Sumatera Utara

 

MEDAN, kaldera.id – Dr. Faisal Riza, MA, dosen Pemikiran Politik Islam, UIN Sumatera Utara menjadi peneliti tamu di ISTAC-IIUM Malaysia.

Lembaga ini merupakan pusat kajian berskala internasional dalam bidang kajian pemikiran dan peradaban Islam.

“Kegiatan berlangsung pada 4-9 Agustus 2024. Saya mendapatkan kesempatan yang baik untuk pengembangan jaringan akademik yang lebih luas pada International Institute of Islamic Thought and Civilisation -International Islamic University Malaysia (ISTAC-IIUM),” katanya kepada wartawan, Rabu (7/8/2024).

Dalam kegiatan ini Riza yang telah lama menggeluti kajian Islam, urban dan politik, memperbesar area risetnya ke Malaysia. Di sana, ia menelusuri dokumen, arsip-arsip relevan, di beberapa perpustakaan kampus dan arkib negara.

“Selain itu, kami terlibat banyak dalam kegiatan akademis seperti diseminasi pendahuluan riset, kelas diskusi dengan mahasiswa S3 dan anggota fakultas,” tukasnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kerjasama penelitian skema matching grant antara kedua institusi yaitu ISTAC-IIUM dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN Sumatera Utara. (reza sahab/red)