Mang Oded, Kerap Jadi Imam Sholat Jumat Sejak Jabat Wakil Walikota Bandung

Walikota Bandung, Oded Muhammad Danial
Walikota Bandung, Oded Muhammad Danial

BANDUNG, kaldera.id – Walikota Bandung, Oded Muhammad Danial yang meninggal saat ingin menjadi khatib Sholat Jumat di Masjid Raya Mujahidin,(10/12/2021) dikenal dari keluarga santri dan fokus didunia dakwah sebelum turun ke kancah politik.

Pria yang akrab disapa Mang Oded ini lahir di Tasikmalaya, 15 Oktober 1962. Sebelum menjabat Walikota Bandung, beliau menjabat Wakil Walikota Bandung dan Anggota DPRD Bandung.

Mang Oded menyelesaikan pendidikan sekolah di SD Lengkong Tasikmalaya pada tahun 1976, SMPN 1 Tasikmalaya tahun 1979, dan STM Negeri Tasikmalaya tahun 1982.

Sebagai seorang yang lahir dari keluarga santri, Mang Oded mempunyai kegiatan dakwah yang masih dilakukan hingga akhir hidupnya yaitu menjadi imam Sholat Jumat di berbagai masjid yang ada di kota Bandung. Beliau menamainya dengan sebutan “jumling” yang sudah beliau lakukan sejak dilantik menjadi Wakil Wali Kota Bandung.

Beliau mempunyai filosofi “Sebaik baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama”, karena baginya, pemimpin yang berhasil adalah yang mampu menyeimbangkan antara keberhasilan fisik dan spiritual.(net/ali)