Gus Irawan Selalu Yakin UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu yang ikut dalam kunjungan tersebut menjelaskan beberapa hal terkait kunjungan tersebut
Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu yang ikut dalam kunjungan tersebut menjelaskan beberapa hal terkait kunjungan tersebut

JAKARTA, kaldera.id- Mantan Direktur Utama Bank Sumut yang sekarang menjadi anggota Komisi XI DPR RI membidangi Perbankan dan Keuangan Gus Irawan Pasaribu selalu yakin dalam untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan, maka perlu adanya stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan. Oleh karena itu untuk mendukung upaya tersebut, maka diperlukan pemberdayaan sektor khususnya pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Sektor (UMKM) memiliki peranan penting dan strategis dalam struktur perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan besar terhadap Produk Domestik Bruto 61,1 persen, penyerapan tenaga kerja 97,1 persen, dan ekspor 14,4 persen,” kata Gus Irawan Pasaribu kepada media, Jumat (23/9/2022).

Legislator asal Sumut ini menjelaskan, minimnya akses permodalan terhadap sektor UMKM masih menjadi masalah klasik yang membuat sektor ini sulit bersaing dan terakselerasi. Maka dari itu peningkatan akses dan jangkauan akses UMKM terhadap jasa keuangan sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan tersebut.

“UMKM di Indonesia memegang peranan penting sebagai tulang punggung perekonomian nasional maka Bank Indonesia selaku mitra kerja Komisi XI DPR RI dapat melaksanakan program dan kebijakan pengembangan UMKM melalui tiga pilar kebijakan, yaitu korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan perluasan akses pembiayaan guna mewujudukan UMKM yang produktif, inovatif, dan adaptif,” jelas Gus Irawan.

Dia  menambahkan, juga perlu adanya dukungan terhadap peningkatan ekosistem UMKM yang turut dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan melalui kemudahan kredit UMKM, skema akses pembiayaan melalui fintech (peer to peer lending), penghimpunan dana UMKM melalui securities crowdfunding (SCF). (rel/arn)