Politisi Gerindra, Supratman Andi Agtas, disebut akan dilantik menjadi Menkumham pada Senin (19/8/2024) menggantikan Yasonna H Laoly. (HO/kaldera)
Politisi Gerindra, Supratman Andi Agtas, disebut akan dilantik menjadi Menkumham pada Senin (19/8/2024) menggantikan Yasonna H Laoly. (HO/kaldera)

MEDAN, kaldera.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melakukan perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju hari ini, Senin (19/8/2024). Salah satunya, Menteri Hukum dan HAM (MenkumHAM) Yasonna H Laoly. Dia akan digantikan oleh politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas.

Supratman Andi Agtas merupakan politikus Partai Gerindra kelahiran Tajuncu, Sulawesi Selatan, pada 28 September 1969. Dia pernah menjadi dosen di Fakultas Hukum Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah.

Kariernya sebagai anggota legislatif dimulai sejak 2014. Kala itu dia kali pertama terpilih menjadi Anggota DPR RI periode 2014–2019 dan ditempatkan di Komisi III.

Selain duduk di Komisi III, Supratman juga ditunjuk sebagai Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI. Jabatan ini telah dia duduki sejak 2016, sebelum akhirnya terpilih kembali pada Pemilu 2019 sebagai Anggota DPR.

Belakangan, Supratman dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Baleg DPR RI. Jabatan Ketua Baleg kemudian diserahkan kepada politikus Gerindra lainnya, yakni Wihadi Wiyanto.

Pelantikan Menteri baru akan digelar di Istana Negara, Jakarta, sekitar pukul 09.30 wib. Selain jabatan MenkumHAM, ada sejumlah Menteri, wakil Menteri, dan kepala badan yang akan dilantik oleh Presiden.

Yakni Menteri ESDM, Menteri Investasi, tambahan Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Perombakan kabinet ini dibenarkan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

“Hari ini, Senin, tanggal 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, Bapak Presiden diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri, dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara,” kata Ari kepada seperti dilansir JawaPos.com, Senin pagi.(jpnn/red)