Forum SKPD Diadakan Untuk Koordinasi Antar Pelaku Pembangunan

Wakil Bupati Langkat H. Syah Afandin
Wakil Bupati Langkat H. Syah Afandin

LANGKAT, kaldera.id – Bupati Langkat Terbit Rencana melalui Wakilnya H. Syah Afandin membuka Forum Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat untuk mengelola Sumber Daya Alam (SDA) serta mendukung pengembangan pariwisata di tahun 2022.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Langkat, di ruang pola kantor Bupati Langkat, Rabu (24/2/2021).

Pada sambutannya, Wakil Bupati H. Syah Afandin, mengatakan bahwa, forum ini merupakan sarana berkoordinasi antar pelaku pembangunan daerah guna mencapai program prioritas yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian sesuai visi misi untuk membangun Langkat.

“Perencanaan pembangunan daerah, harus baik dan mengacu peraturan pemerintah pusat,” ujar H. Syah Afandin.

Selain itu, Syah Afandin juga mengajak semua pemegang kepentingan memperhatikan akses masyarakat, serta kesetaraan dalam pembangunan di Langkat.

Sementara itu, Ketua DPRD Langkat melalui Ketua Komisi D DPRD Langkat, Sri Bana menuturkan, forum SKPD ini juga merupakan dari bagian tahap penyusunan perencanaan pembangunan daerah, untuk menentukan prioritas pembangunan di Langkat.

“Forum ini (SKPD) diadakan untuk mengetahui susunan perencanaan pembangunan daerah prioritas Langkat,” tutur Sri Bana.

BACA JUGA :  Wabup: Aksi Kekerasan Tidak Diajarkan Agama Manapun

Langkat mendapat target Indikator Kinerja Utama (IKU)

Kemudian, Kepala Bappeda H. Sujarno menjelaskan, hasil evaluasi RKPD tahun ini, Langkat mendapat target Indikator Kinerja Utama (IKU) yang mencapai 9 dari total 17 indikator di 2019-2024.

Paparan 9 indikator yang tercapai itu, dari tingkat kemiskinan 9,73 persen, IPM 71 poin, rata-rata lama sekolah 8,65 tahun, Angka harapan hidup 68,8 tahun, persentase jalan dalam kondisi mantap 56,8 persen, Indeks pembangunan gender 89,52 persen dan tingkat pertumbuhan investasi daerah (PMA-PMDN) 9 persen. Jadi, total fertility rate 2,2 persen dan opini BPK meraih WTP TA 2019.

Lebih lanjut, diakhir kegiatan, dilaksanakan juga penandatanganan berita acara dan kesepakatan hasil forum perangkat daerah Langkat, oleh pimpinan sidang, Wabup Langkat, Sekdakab dr. H. Indra Salahudin, anggota DPRD Langkat Sri Bana PA, Kepala Dinas LH H. Iskandar Z, Kepala Dinas PERKIM Bambang Irwandi, Akademisi Muhammad Saleh, Camat Pematang Jaya Ahmad Fitria, dan unsur masyarakat H. Zulkifli A Dian.

Di kegiatan tersebut, turut juga dihadiri pimpinan perangkat daerah lingkungan Pemkab Langkat, Direktur RSUD Tj. Pura, Sekwan DPRD Langkat Basrah Pardomuan, dan Camat Kabupaten Langkat. (mustivan mahardhika)