Gubsu Pastikan Tak Akan Tunda Pilkada 2020

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Walik Gubsu, Musa Rajekshah.
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Walik Gubsu, Musa Rajekshah.

MEDAN, kaldera.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, menegaskan tidak akan menunda pelaksanaan Pilkada 2020. Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 saat ini belum bisa memastikan pelaksanaan Pilkada jika nantinya ditunda.

“Harus siap, pilkada itu adalah pesta demokrasi. Kalau ini kita undur Plt yang nempati, Plt itu tidak sesuai tuntutan demokrasi yang dipilih oleh rakyat . Sampai kapan mau kita tunda, sampai Covid gak ada?, Sampai kapan Covid gak ada?,” ujarnya usai mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD Sumut, Selasa (22/9/2020).

Meski begitu, Edy meminta setiap kabupaten/kota yang melakukan Pilkada tetap melakukan protokol secara ketat. Ia juga meminta Paslon tidak menggerak massa dalam jumlah besar saat kampanye.

“Saya lihat di Sumatera Utara ini dari 23 kabupaten/ kota yang melakukan pesta demokrasi ikuti benar protokol kesehatan. Disiplin, ikuti benar-benar petunjuk dan
dan tidak kampanye dengan menggerakkan massa. Intinya adalah lakukan protokol kesehatan,” jelas Mantan Pangkostrad itu. (finta rahyuni)