Tgk Muhammad Yusuf A Wahab (Tu Sop) semasa hidup.(ist)
Tgk Muhammad Yusuf A Wahab (Tu Sop) semasa hidup.(ist)

MEDAN, kaldera.id – Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh, Tgk Muhammad Yusuf A Wahab (Tu Sop) meninggal dunia di Jakarta, Sabtu (7/9/2024). Tu Sop menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit Brawijaya Tebet, Jakarta, pukul 09.00 WIB.

Dilansir dari kompas.com, kerabat Tu Sop, Zufikar Muhammad, membenarkan informasi tersebut. Saat ini dia sedang berada di RS Brawijaya. “Benar, ayah (panggilan Tu Sop) sudah wafat. Dalam perawatan lanjutan di Jakarta,” kata Zulfikar saat dihubungi via telepon.

Zulfikar menyebutkan, sebelumnya almarhum sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin karena kelelahan.

Namun, akibat padatnya aktivitas almarhum sempat mengeluh sakit lagi. Hingga akhirnya di bawa ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lengkap. “Sakit seperti yang dikeluhkan sebelumnya, sakit dalam perut, dugaan sementara lambung,” ujarnya.

Zulfikar menyebutkan, setelah proses di rumah sakit selesai, rencananya almarhum akan langsung dipulangkan ke Aceh hari ini. “Rencana insya allah akan dipulangkan hari ini ke Jeunib, Bireuen, setelah proses di sini (Jakarta) selesai,” tuturnya.

Diketahui, Tu Sop merupakan cawagub berpasangan dengan Bustami Hamzah. Keduanya telah mendaftar ke KIP hingga mengikuti proses pemeriksaan kesehatan dan tes uji mampu baca Al-Qur’an. Beberapa hari lalu, rumah pribadi Bustami dilempar granat. Dan masih dalam penyelidikan polisi.(kpc/red)