Google Docs Down, Pengguna di Dunia Mengeluh

aplikasi Google Documents atau Google Docs, setelah layanannya menurun (down), Selasa (28/1/2020) dinihari.
aplikasi Google Documents atau Google Docs, setelah layanannya menurun (down), Selasa (28/1/2020) dinihari.

MEDAN, kaldera.id – Pengguna internet di seluruh dunia berjuang untuk mengakses aplikasi Google Documents atau Google Docs, setelah layanannya menurun (down), Selasa (28/1/2020) dinihari.

“Wilayah yang terkena dampak terburuk adalah pantai timur AS. Wilayah sebagian Eropa, Amerika Selatan, Afrika dan Asia juga terkena dampaknya,” tulis Independent.co.uk.

Aplikasi pengolah kata, yang juga menjadi tuan rumah layanan lembar kerja (Google Sheet dan Google Form) Lembar dan Formulir, gagal memuat untuk pengguna di seluruh dunia sekitar pukul 18:30 GMT (Pukul 01.30 WIB), dengan banyak mengeluh pesan kesalahan mengatakan sistem telah mendeteksi “lalu lintas tidak biasa”.

Masalah juga telah dilaporkan dengan Pencarian Google dan Gmail, dengan pengguna di seluruh dunia yang terpengaruh oleh pemadaman. Pelacak kesehatan situs web Down Detector mencatat puluhan ribu keluhan terkait dengan layanan utama Google.

Penyebab belum Dikonfirmasi Google

Beberapa pengguna yang mencoba mengakses dokumen daring mereka disambut dengan pesan kesalahan: Google Documents mengalami kesalahan. Silakan coba memuat kembali halaman ini, atau kembali lagi dalam beberapa menit”.

Dasbor Status Google mencantumkan masalah dengan Google Drive, Google Documents, Google Sheets, Google Slides, dan Classroom. Tidak jelas apa yang menyebabkan masalah ini tersebar luas, meskipun pemadaman sebelumnya tidak menyebabkan file hilang.

Seorang juru bicara untuk Google tidak segera tersedia untuk memberikan komentar. Di Indonesia sendiri, keluhan soal ini belum terlihat. Kaldera.id yang mencoba menggunakan Google Docs, dapat diakses seperti biasa.(f rozi)