Harga Emas Terus Menanjak

0
27
Harga Emas. Ilustrasi (REUTERS)
Harga Emas. Ilustrasi (REUTERS)

JAKARTA, kaldera.id- Harga emas kembali melaju setelah anjlok di akhir pekan lalu. Senin (2/3/2020) pukul 7.29 WIB, harga emas spot naik 0,25% ke US$ 1.589,65 per ons troi.

Kenaikan harga emas ini terjadi setelah koreksi tajam harga emas sebesar 3,61% di akhir pekan lalu. Meski menguat, harga emas masih jauh di bawah level tertinggi tahun ini sebesar US$ 1.659,38 per ons troi yang tercapai pada Senin (24/2) pekan lalu.

Penurunan harga emas di akhir pekan lalu terjadi karena kekhawatiran bahwa penyebaran virus corona akan memerlukan stimulus. Sehingga ada kenaikan taruhan bahwa Federal Reserve akan memangkas suku bunga pada rapat Maret ini.

Penurunan suku bunga akan mengurangi opportunity cost memegang emas. Alhasil, harga emas bisa menanjak lagi.

“Pada setiap penurunan, kami memperkirakan ada pembelian karena tren utama harga emas masih naik,” kata Vandana Bharti, assistant vice-president of commodity research SMC Comtrade kepada Reuters.

Pekan lalu, pasar saham mencatat penurunan terburuk sejak krisis finansial 2008. Investor bersiap menghadapi dampak virus corona terhadap pertumbuhan ekonomi.(kontan/finta)