Biasakan Amalan Ini Di Bulan Sya’ban, Bulan Ramadan Jadi Lebih Siap

Amalan Ini Di Bulan Sya'ban Bulan Ramadan
Amalan Ini Di Bulan Sya'ban Bulan Ramadan. (Ilustrasi)

MEDAN, Kaldera.id – Bulan Sya’ban adalah bulan yang terletak setelah bulan Rajab dan sebelum Bulan Ramadan. Meskipun tidak termasuk salah satu dari empat bulan suci, bulan Sya’ban adalah bulan yang dimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam melakukan amalan lainnya seperti sedekah, puasa, sholat tahajud, banyak berdoa, istighfar, membaca Al-Qur’an dan lainnya. Amalan ini dilakukan sebagai kesempatan untuk melatih diri dalam persiapan di bulan Ramadan.

Bulan Sya’ban di Tahun 2023 dimulai pada tanggal 21 Februari. Ada 29 atau 30 hari di bulan Sya’ban, tergantung pada penampakan bulan sabit.

Tanggal 15 Sya’ban dikenal sebagai Nisfu Sya’ban, dimana banyak ulama meyakini berdasarkan sejumlah riwayat bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengangkat amal hamba-hamba-Nya.

Bulan Sya’ban adalah waktu yang tepat untuk belajar tentang bagaimana kehidupan yang bermanfaat. Mencoba dan menerapkan lebih banyak tindakan sunnah dalam hidup kita.

Berikut amalan yang bisa dilakukan di Bulan Sya’ban :

1. Perbanyak Puasa

Dahulu Rasulullah shallahu alaihi wa salam memperbanyak puasa di bulan Syaban. Di antara dalil yang menunjukan bahwa Nabi sering berpuasa di bulan Syaban ialah hadits dari Aisyah rardhiallahu anha:

“Terkadang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam puasa beberapa hari sampai kami katakan, ‘Beliau tidak pernah tidak puasa, dan terkadang beliau tidak puasa terus, hingga kami katakan: Beliau tidak melakukan puasa. Dan saya tidak pernah melihat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa sebulan penuh kecuali di bulan Ramadan, saya juga tidak melihat beliau berpuasa yang lebih sering ketika di bulan Sya’ban.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam memperbanyak puasa di bulan Sya’ban. Diantara puasa yang bisa dilakukan adalah :

  • Puasa Daud, yaitu puasa yang dilakukan secara selang seling, sehari puasa dan sehari tidak berpuasa.
  • Puasa senin dan kamis.
  • Puasa Ayamul Bidh, yaitu puasa yang dilakukan tiga hari pada pertengahan bulan hari ke 13,14, dan 15.

Hal ini dilakukan selain mencontoh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, juga membuat kita terbiasa untuk menghadapi di bulan Ramadan dan di bulan selanjutnya.

2. Bulan Diangkatnya Amal Kebaikan

Kebiasaan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ialah beliau senantiasa melakukan amal kebaikan seperti sedekah, perbanyak doa, istighfar, sholat tahajud dan lainnya. Dimana waktu diangkatnya amalan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, ini adalah keutamaan bulan Sya’ban yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan yang lain.

Jadi, kita harus sudah siap menjalankan ibadah dan amalan di bulan Sya’ban di tahun 2023 ini. Kita bisa memaksimalkan diri dibulan Sya’ban dan lebih siap lagi di bulan Ramadan. Untuk wanita, jangan lupa lunasi hutang puasa ya ! (riza r)