Rekomendasi 3 Rempah yang Bisa Redakan Nyeri Sendi 

Tak perlu pusing memikirkan bagaimana cara meredakan nyeri sendi, karena ternyata bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah.
Tak perlu pusing memikirkan bagaimana cara meredakan nyeri sendi, karena ternyata bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah.

 

MEDAN, kaldera.id – Tak perlu pusing memikirkan bagaimana cara meredakan nyeri sendi, karena ternyata bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah.

Nyeri sendi merupakan gangguan kesehatan yang sudah umum terjadi. Dapat dialami oleh siapapun, termasuk usia muda produktif.

Bila dibiarkan, kondisi ini akan berdampak besar pada aktivitas sehari-hari, karena sendi adalah salah satu bagian tubuh yang penting.

Apabila fungsinya terganggu, maka produktivitas pun akan menurun.

Penyebab dan Gejala Nyeri Sendi

Dilansir dari Mount Sinai, penyebab dari kondisi ini sangat beragam. Bisa karena cedera atau disebabkan oleh penyakit tertentu seperti radang sendi (arthritis), bursitis, dan nyeri otot.

Seseorang yang mengalami nyeri sendi, biasanya juga akan mengeluhkan gejala-gejala berikut.

1. Pembengkakan
2. Bagian sendi yang sakit akan terasa hangat saat disentuh
3. Kemerahan pada bagian yang terdampak
4. Nyeri saat bergerak.

Herbal untuk Nyeri Sendi

Saat masalah kesehatan ini kambuh, obat herbal redakan nyeri sendi dapat digunakan, agar bisa segera kembali beraktivitas.

Berikut adalah beberapa rempah dan tanaman herbal lainnya di rumah yang bisa membantu meredakan nyeri sendi.

1. Jahe
Melansir Everyday Health, sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Arthritis menemukan bahwa jahe mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat menekan molekul leukotrien dan zat hormon prostaglandin yang menyebabkan rasa sakit.

Jika ingin memperoleh manfaatnya, bisa gunakan potongan jahe untuk memasak atau tambahkan parutannya ke dalam sup.

2. Kunyit
Bumbu masak yang menghasilkan warna kuning ini, telah banyak digunakan dalam pengobatan ayurveda maupun tradisional Tiongkok.

Dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk meredakan radang sendi.

Alasan mengapa kunyit termasuk dalam obat herbal redakan nyeri sendi, karena mempunyai sifat antiradang dan kurkuminnya, memiliki efek analgesik.

3. Bawang putih
Bawang putih dalam keadaan segar ataupun sudah diiris maupun dicincang, dapat membantu meringankan nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis.

Hal ini karena bawang putih mengandung dialil disulfida, yakni senyawa anti-inflamasi yang dapat menurunkan efek sitokin proinflamasi.

Penelitian eksperimental yang hasilnya diterbitkan di Journal of Enviromental Pathology, Toxicology, and Oncology menemukan bawang putih memiliki aktivitas anti rematik.

Sehingga bisa mencegah kerusakan pada tulang rawan dan mengurangi peradangan, akibat radang sendi.

Itulah tiga obat herbal yang dapat membantu meringankan keluhan yang terjadi akibat peradangan sendi. Namun, sebelum mengonsumsinya lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter. (healthgrid)