Manfaat Mindfulness Bagi Kesehatan Mental

Mindfulness merupakan salah satu praktik yang baik untuk menjaga kesehatan mental. Mindfulness bertujuan membuat seseorang lebih fokus dan memusatkan perhatian terhadap situasi saat ini, menerimanya, serta tidak menghakimi.
Mindfulness merupakan salah satu praktik yang baik untuk menjaga kesehatan mental. Mindfulness bertujuan membuat seseorang lebih fokus dan memusatkan perhatian terhadap situasi saat ini, menerimanya, serta tidak menghakimi.

 

MEDAN, kaldera.id – Mindfulness merupakan salah satu praktik yang baik untuk menjaga kesehatan mental. Mindfulness bertujuan membuat seseorang lebih fokus dan memusatkan perhatian terhadap situasi saat ini, menerimanya, serta tidak menghakimi.

Secara bahasa, mindfulness artinya kesadaran. Dikutip dari laman Siloam Hospitals, mindfulness merupakan salah satu metode meditasi yang digunakan untuk melatih seseorang lebih fokus terhadap apa yang terjadi di sekitarnya.

Mindfulness melibatkan fokus kesadaran Anda pada saat ini. Artinya memperhatikan sensasi, perasaan, pikiran, dan lingkungan Anda saat ini dengan sikap menerima.

Dalam tinjauan skala besar terhadap lebih dari 400 penelitian sebelumnya, mindfulness diidentifikasi sebagai praktik kesehatan mental yang efektif untuk membantu hampir semua orang meningkatkan kesejahteraan fisik dan psikologis mereka.

Manfaat Mindfullnes

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat mindfullnes.

1. Menurunkan Depresi
Salah satu manfaat dari mindfullnes adalah dapat menurunkan depresi. Ini dapat membantu meringankan gejala depresi dan dapat membantu mencegah gejala tersebut muncul kembali di masa mendatang.

Dikutip dari Verywell Mind, terapi kognitif berbasis mindfulness (MBCT) adalah jenis terapi yang menggabungkan terapi perilaku kognitif (CBT) dengan pengurangan stres berbasis mindfulness (MBSR).

Ini adalah terapi yang relatif singkat, yakni berlangsung selama delapan minggu dengan menggunakan sesi kelompok yang menggabungkan praktik kesadaran.

Selain praktik mindfulness, MBCT juga menggabungkan aktivitas lain seperti meditasi, latihan pemindaian tubuh, dan yoga untuk membantu orang fokus menjadi lebih sadar dan menerima pikiran mereka.

2. Peningkatan Regulasi Emosional
Manfaat potensial lainnya dari mindfulness adalah latihan ini dapat membantu Anda mengidentifikasi dan mengelola perasaan Anda. Regulasi emosional mengacu pada kemampuan Anda untuk mengendalikan emosi Anda sendiri. Ini berarti mampu meningkatkan atau mengendalikan emosi tergantung pada situasi dan kebutuhan.

Kemampuan ini dapat memainkan peran penting dalam kesejahteraan mental dan kesulitan dalam mengelola emosi terkait dengan sejumlah kondisi termasuk depresi dan gangguan kepribadian ambang (BPD).

3. Meningkatkan Kesehatan Tubuh
Tidak hanya bermanfaat untuk mental saja, terapi mindfulness adalah teknik yang juga memberikan dampak baik bagi tubuh secara fisik.

Menerapkan mindfulness diduga mampu mengobati penyakit jantung, meringankan nyeri kronis, menurunkan tekanan darah, mengurangi gangguan pencernaan, hingga memperbaiki kualitas tidur.

Hal ini karena mindfulness dapat menurunkan hormon stres dan rasa cemas yang juga bermanfaat bagi sistem saraf, kardiovaskular, hingga pencernaan. (tempo)