8 Tips Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

Cara membersihkan paru-paru sejatinya dapat dilakukan secara alami dengan memperhatikan asupan makanan dan aktivitas yang memengaruhi kesehatan organ pernapasan tersebut.
Cara membersihkan paru-paru sejatinya dapat dilakukan secara alami dengan memperhatikan asupan makanan dan aktivitas yang memengaruhi kesehatan organ pernapasan tersebut.

 

MEDAN, kaldera.id – Cara membersihkan paru-paru sejatinya dapat dilakukan secara alami dengan memperhatikan asupan makanan dan aktivitas yang memengaruhi kesehatan organ pernapasan tersebut.

Hal ini penting dilakukan karena paru-paru merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia yang berperan penting untuk menjalankan sistem pernapasan.

Terkadang, paru-paru dianggap sehat karena tidak ada keluhan yang berarti. Namun sebenarnya, paru-paru bisa saja kotor karena berbagai jenis polutan masuk ke organ tersebut melalui udara yang dihirup sehari-hari.

Khususnya ketika tingkat polusi udara tengah meningkat. Berbagai senyawa beracun mungkin saja masuk ke dalam tubuh dan mengotori paru-paru.

Mulai dari asap rokok, asap kendaraan, bahan kimia, dan lainnya. Semua ini ketika masuk ke dalam tubuh dapat terperangkap di paru-paru.

Maka dari itu, perlu dilakukan beberapa hal yang dapat membersihkan paru-paru, meski organ ini sejatinya bisa membersihkan dirinya sendiri. Namun demi fungsi yang optimal, tidak ada salahnya untuk membersihkan paru-paru secara alami.

Cara Membersihkan Paru-paru

1. Kendalikan batuk
Batuk adalah cara tubuh untuk mengeluarkan racun dalam lendir secara alami. Batuk yang terkendali atau terkontrol dapat mengencerkan lendir berlebih di paru-paru sehingga membuat organ tersebut lebih sehat.

Cara mengendalikan batuk, yaitu duduk di kursi dengan bahu rileks dan kaki rata di lantai. Kemudian, lipat tangan di atas perut dan perlahan hirup udara melalui hidung.

Lalu, embuskan napas perlahan dalam posisi tubuh condong ke depan dan dorong lengan ke perut. Selanjutnya, cobalah untuk batuk dua sampai tiga kali sambil mengembuskan napas dengan mulut sedikit terbuka. Ulangi beberapa kali.

2. Perbanyak konsumsi vitamin D
Pola makan sehat dapat memengaruhi kesehatan paru-paru. Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi vitamin D seperti yang banyak terkandung dalam telur, salmon, dan sarden.

3. Konsumsi makanan dan minuman anti-inflamasi dan antioksidan
Untuk membersihkan paru-paru, konsumsilah makanan dan minuman anti-inflamasi seperti buah beri, brokoli, kunyit, dan coklat hitam.

Kemudian, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti teh hijau.

4. Konsumsi makanan rendah karbohidrat
Selain itu, konsumsi pula makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak sehat. Sebab, kedua makanan itu dapat meningkatkan oksigen dalam tubuh.

5. Latihan pernapasan
Latihan pernapasan dapat meningkatkan fungsi paru-paru, khususnya bagi Anda yang merokok, pernah merokok di masa lalu, dan memiliki kerusakan paru-paru akibat penyakit paru-paru kronis.

Latihan pernapasan dapat dilakukan dengan pernapasan bibir dan perut. Selain itu juga dapat menggunakan alat seperti spirometer yang biasa digunakan setelah operasi untuk membantu proses pemulihan.

6. Latihan perkusi
Perkusi adalah teknik yang dapat membantu mengalirkan cairan dari paru-paru. Caranya dengan berbaring dengan kepala menunduk dan mengetuk punggung dengan ringan.

Anda dapat berbaring dalam posisi miring, tengkurap, maupun telentang. Dengan teknik ini, cairan dari paru-paru akan lebih mudah keluar.

7. Hirup udara segar di luar ruangan
Udara segar di luar ruangan dapat meningkatkan jaringan paru-paru sehingga menjaga fungsi organ tersebut. Maka dari itu, cobalah untuk menghirup udara segar di luar ruangan secara rutin.

Namun sebelum berpergian untuk mencari udara di luar ruangan, periksa dulu tingkat polusi di wilayah Anda. Jika tingkat polusinya tinggi, sebaiknya hindari beraktivitas di luar ruangan karena justru berbahaya bagi pernapasan.

Bila terdesak untuk beraktivitas di tengah polusi, gunakanlah masker. Selain tingkat polusi, periksa juga apakah di lingkungan Anda ada pembakaran sampah, pembakaran kayu, dan lainnya yang menimbulkan asap beracun dan tidak sehat bagi paru-paru.

8. Hindari pewangi buatan
Pewangi ruangan buatan terkadang mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mengiritasi paru-paru. Bahkan, wangi dari cairan pembersih rumah juga ada yang dapat memicu iritasi paru-paru.

Maka dari itu, coba ganti pewangi ruangan buatan yang Anda gunakan dengan yang memiliki wangi dari bahan-bahan alami.

9. Gunakan alat pembersih udara
Cobalah untuk menggunakan alat pembersih udara (air purifier) di ruangan Anda untuk meningkatkan kualitas udara yang dihirup dan akan masuk ke paru-paru.

Selain itu, bersihkan dan ganti filter pada pendingin ruangan (air conditioner/AC), ventilasi pemanas, dan exhaust fan di kamar mandi secara rutin setiap enam bulan sekali. Tujuannya juga untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah.

Itulah cara membersihkan paru-paru secara alami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! (cnn)