30 Operan Dituntaskan Jota, Liverpool Tempel Spurs

Roberto Firmino dan Diogo Jota melakukan selebrasi usai keduanya mencetak gol pada kemenangan Liverpool 3-0 atas Leicester City dinihari tadi.(ist/cbss)
Roberto Firmino dan Diogo Jota melakukan selebrasi usai keduanya mencetak gol pada kemenangan Liverpool 3-0 atas Leicester City dinihari tadi.(ist/cbss)

LIVERPOOL, kaldera.id – Liverpool memetik kemenangan saat menjamu Leicester City pada lanjutan pekan ke 9 Premier League 2020-2021. Laga Liverpool vs Leicester yang digelar di Stadion Anfield, Senin (23/11/2020) dini hari WIB itu berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan tim tuan rumah.

Gol-gol kemenangan Liverpool tercipta lewat gol bunuh diri Jonny Evans (21′), aksi Diogo Jota (41′), dan sundulan Roberto Firmino (86′). Dengan kemenangan ini, Liverpool naik ke peringkat kedua klasemen.
Skuad asuhan Juergen Klopp itu memiliki 20 poin serupa dengan Tottenham Hotspur selaku pemuncak klasemen, tetapi kalah jumlah selisih gol. Sementara itu, Leicester turun ke peringkat keempat dengan koleksi 18 poin dari sembilan laga.

Dilaga ini, setidaknya terukir dua hal menarik. Pertama, gol yang dicetak Diogo Jota menjadi rekor baru yang dicatat Opta Joe. Pasalnya, Jota mencetak skor melalui skema 30 operan dari pemain Liverpool sebelum terjadinya gol. Melansir Opta Joe pula, Diogo Jota menjadi pemain pertama dalam sejarah Liverpool yang selalu mencetak gol pada empat penampilan pertama di kandang.

Kedua, adalah kembalinya Roberto Firmino menjadi sumber gol Liverpool. Dia kerap dikritik netizen karena sudah lama tak membuat gol. Sepanjang pertandingan versus Leicester City, Roberto Firmino menampilkan performa luar biasa dan mampu melepaskan enam tembakan.

Striker Brasil itu nyaris mencetak gol di menit ke-56 dan ke-76, tapi upaya-upayanya tersebut hanya membentur mistar gawang. Gol yang ditunggu Firmino akhirnya tiba di menit ke-87. Berawal dari sepak pojok James Milner, Firmino melompat dan menanduk bola masuk ke dalam gawang Leicester.

Everton Menang, Arsenal Imbang

Tim Merseyside lainnya, Everton, juga berhasil kembali ke jalur kemenangan. The Toffes menang 2-3 atas Fulham berkat brace yang dibuat Dominic Calvert-Lewin dan Abdoulaye Doucoure. Sepasang gol yang dicetak Calvert-Lewin tidak hanya memastikan timnya meraih 3 poin, tetapi juga membuat dirinya berada di posisi teratas pencetak gol terbanyak dengan 10 gol. Dia mengungguli Son Heung-Min (Tottenham Hotspur) yang mencetak 9 gol.

Sementara itu, pertandingan Leeds United vs Arsenal jadi satu-satunya laga yang berakhir seri malam ini. Kedua tim bermain imbang 0-0 sepanjang 90 menit, dan jadi hasil imbang pertama Arsenal musim ini. Skor 0-0 pun bukan hasil yang bagus untuk Arsenal, terutama untuk lini depan mereka. Musim ini The Gunners baru mencetak 9 gol dari 9 laga di Liga Inggris, dan Pierre-Emerick Aubameyang dan rekan-rekan gagal mencetak gol dalam 2 laga terakhir.(kpc/dtc/f rozi)