Perwakilan Sumut Jadi Pimpinan Sidang Kongres XVI Pemuda/KNPI

Ketua Umum KNPI, Haris Pertama menyerahkan LKPj kepada peserta kongres dalam bentuk buku, Kamis (19/5/2022)
Ketua Umum KNPI, Haris Pertama menyerahkan LKPj kepada peserta kongres dalam bentuk buku, Kamis (19/5/2022)

TERNATE, kaldera.id – Kongres XVI Pemuda/KNPI 2022 memasuki hari ke-5, Kamis (19/5/2022) di Ternate Maluku Utara. Agenda kongres sendiri masuk tahap forum persidangan.

Forum menetapkan perwakilan MPI KNPI, DPP KNPI, DPD Provinsi serta OKP. Perwakilan Sumatera Utara menjadi salah satu utusan pimpinan sidang mewakili Pulau Jawa-Sumatera. Kemudian ada Provinsi Bali, Papua serta enam dari MPI KNPI, DPP KNPI dan OKP.

“DPD Provinsi Sumut mengutus nama Syafii Sitorus selaku Wakil Sekretaris DPD KNPI Sumut menjadi pimpinan sidang,” kata Ketua DPD KNPI Sumut Samsir Pohan di sela-sela forum.

Agenda kali ini memasuki sidang-sidang. Di antaranya Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum DPP KNPI 2018-2021 Haris Pertama serta sidang-sidang komisi.

LPj Haris Pertama dikemas dalam bentuk buku. “Kita sengaja membukukan LPj ini agar seluruh rakyat Indonesia bisa mendengar, melihat serta memperhatikan laporan pertanggungjawaban ini,” kata Haris Pertama.

Dalam sejarahnya, baru kali ini Ketua Umum melaporkan LPj nya dalam bentuk buku. Bahkan sejauh ini, belum pernah ada parpol, OKP atau organisasi masyarakat yang melaporkan LPj nya dalam bentuk buku. “Semoga menjadi kebiasaan baru yang lebih terbuka kepada pemimpin bangsa ke depan,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Kongres XVI Pemuda/KNPI digelar pada 15-22 Mei 2022 di Maluku Utara untuk memilih Ketua Umum DPP KNPI periode 2022-2025.(zainul)