Tugu Titik Nol Kota Medan Akan Dibangun Seperti Semula

Tugu Titik Nol Kota Medan di zaman kolonial Belanda
Tugu Titik Nol Kota Medan di zaman kolonial Belanda

 

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Bobby Afif Nasution menegaskan, pihaknya akan membangun ulang tugu titik nol Kota Medan yang terletak di depan Kantor Pos Medan.

Rencananya tugu yang dibangun nantinya sama dengan yang dibangun saat zaman kolonial Belanda. Sedangkan tugu yang sekarang telah dibongkar.

“Bukan dihancurkan lalu untuk dijadikan jalan. Nanti akan dibangun kembali seperti pertama kalinya,” ungkapnya di Balai Kota, Senin (15/8/2022).

Diungkapkan, tugu itu dulunya kecil sebagai tanda titik nol Kota Medan, bukan seperti bangunan yang ada saat ini. “Perbaikan yang dilakukan ini termasuk dalam revitalisasi Lapangan Merdeka,” jelasnya.

BACA JUGA :  Menhub Targetkan Jalur Layang KA Kuala Namu - Medan- Binjai Beroperasi di 2024

Orang nomor satu di Pemko Medan selanjutnya mengungkapkan, Pemko
Medan telah mendata seluruh bangunan heritage yang ada di Kota Medan, termasuk yang tidak masuk aset Pemko Medan. “Semua (bangunan heritage) sudah kita data semua,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Medan Benny Iskandar menambahkan, perbaikan yang dilakukan dalam rangka penataan dan revitalisasi Lapangan Merdeka.

“Nanti (tugu) akan kita bangun kembali sesuai bentuk aslinya. Sebab, bangunan yang ada kemarin itu tidak sesuai dan menutupi bangunan cagar budaya Kantor Pos,” terang Benny Iskandar. (Reza)