Cucu Ratu Elizabeth II Mundur dari Kerajaan

MEDAN, kaldera.id – Anak kedua dari Pangeran Charles dan Putri Diana, Pangeran Harry, menyatakan mundur dari keluarga Kerajaan Inggris. Terkait hal ini, Sang Nenek, Ratu Elizabeth II, mengaku segera mengajak cucunya itu untuk berdiskusi.

Dengan begitu, kehidupan Pangeran Harry dan isterinya, Meghan Markle, tidak lagi dibiayai kerajaan. “Kami menyatakan mundur dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi independen secara finansial,” kata Harry yang bergelar The Duke of Sussex, lewat akun resmi @sussexroyal, Kamis (9/1/2020).

Dilansir dari AFP, Pangeran Harry dan Meghan telah membuat keputusan tersebut setelah berdiskusi selama berbulan-bulan hingga akhirnya membulatkan tekadnya untuk mundur dari anggota keluarga kerajaan.

Keduanya juga menyatakan akan berusaha menyeimbangkan waktu mereka antara Inggris dan Amerika Utara. “Setelah beberapa bulan merefleksikan dan mengadakan diskusi internal, kami telah memutuskan untuk melakukan transisi tahun ini dalam mengukir peran baru yang progresif dalam institusi ini,” paparnya.

Sementara itu, Ratu Elizabeth II juga telah memberi tanggapan atas pernyataan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Melalui juru bicaranya, pihaknya tengah melakukan diskusi dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

“Kami sangat memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda. Namun, ini merupakan isu yang sangat rumit dan membutuhkan waktu untuk diselesaikan,” katanya pada pernyataan resmi.(afp/f rozi)