Didukung Kemenpora, Politeknik Ganesha Medan Gelar Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Karakter

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Karakter bagi mahasiswa/i Politeknik Ganesha Medan yang berlokasi Bumi Perkemahan Sibolangit
Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Karakter bagi mahasiswa/i Politeknik Ganesha Medan yang berlokasi Bumi Perkemahan Sibolangit

MEDAN, Kaldera.id – Politeknik Ganesha Medan Sukses menggelar Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Karakter bagi mahasiswa/i Politeknik Ganesha Medan yang berlokasi Bumi Perkemahan Sibolangit, Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara selama dua hari dari tanggal 19 hingga 20 Desember 2023. Adapun tema kegiatan ini yaitu membangun jiwa pemimpin yang cerdas dan berarakter pada generasi millenial di era revolusi society 5.0.

Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang diikuti oleh 200 peserta dari mahasiswa/I dan Pamas Politeknik Ganesha Medan. Kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber :

Narasumber I : Serka Fachruzam Babinsa Kelurahan Belawan II Koramil 0201-09/Belawan Narasumber II : Enggar Maulana, SH (Sekretaris KNPI Kec.Medan Area, Wakil Ketua Pemuda Pancasila Ranting Sei Kera Hulu, Bedahara Yayasan Cahaya Peduli Indonesia) Narassumber III : Abdi Bahrul Ulum Saragih, SH (Wakil Ketua PGMI Kota Medan dan Pengurus Harian IPHI Kota Medan).

9 Cara Mengembangkan Jiwa Kepemimpinan

Dalam pemaparan narasumber pertama Serka Fachruzam Babinsa Kelurahan Belawan II Koramil 0201-09/Belawan membawa materi mengenai bagaimana menimbulkan jiwa kepemimpinan dan memberikan pelatihan kepemimpinan dengan materi 9 cara mengembangkan jiwa kepemimpinan. Kegiatan ini juga diselingi dengan permainan kecil yang dapat menggambarkan serta mengembangkan jiwa kepemimpinan dari masing-masing peserta.

Sedangkan narasumber kedua Enggar Maulana, S.H memaparkan tentang pentingnya karakter pemimpin yang memiliki etika yang baik, berjiwa cinta pada negara, serta anti korupsi. Hal ini harus dapat ditimbulkan dari sejak dini. Generasi muda harus sudah memiliki Jiwa kepemimpinan yang kuat serta berjiwa bersih dari korupsi.

Dalam pemaparan narasumber ketiga merupakan materi diskusi mengenai pengaruh karakter jiwa kepemimpinan pada generasi milenial sekarang dan bagaimana membangun jiwa kepemimpinan tersebut di era revolusi society 5.0.

Politeknik Ganesha Medan berterimakasih kepada semua pihak khususnya Kemenpora Deputi III bidang organisasi kepemudaan dan kepramukaan serta Komisi X DPR RI yang telah merekomendasi kegiatan ini dengan KEMENPORA RI.

“Terimakasih atas perhatian bapak Dr.Sofyan Tan dari anggota DPR RI sehingga Menpora bisa memfasilitasi kegiatan kami, harapannya kemenpora terus berkesinambungan dalam pendampingan kepada organisasi dan kepramukaan di daerah,” kata Bapak Diding Kusnady, S.Pd, MM, selaku Direktur Politeknik Ganesha Medan sekaligus Penangung Jawab Kegiatan.

Di lokasi yang sama, selaku Ketua pelaksana kegiatan M.Wahyu Riza Ibrahim, yang akrab di panggil Bang Wahyu mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan bermanfaat bagi generasi muda di era globalisasi ini untuk kembali membangun jiwa kepemimpinan pada generasi milenial di era revolusi society 5.0 khususnya Mahasiswa/i dan Pamas Politeknik Ganesha Medan.

Sebagai Koordinator Kemahasiswaan, Natasya,A.Md,.S.Ak mengungkapkan bahwa harapan kedepannya kegiatan seperti pembentukan karakter ini tidak hanya berhenti disini saja karena pembentukan karakter generasi milenial saat ini sangat penting untuk membangun Indonesia emas 2045. (rel)