Pasien Positif Covid-19 Melonjak, Hari Ini Bertambah 22 kasus

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Whiko Irwan.
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Whiko Irwan.

MEDAN, kaldera.id- Jumlah kasus positif Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) kembali melonjak dua hari terakhir. Per Sabtu (9/5/2020) 22 orang dinyatakan positif, sehingga total kasus positif menjadi 179 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Whiko Irwan menyebut lonjakan kasus positif ini belum pernah terjadi selama penyebaran Covid-19 di Sumut.

“Kita sangat prihatain dengan lonjakan penderita Covid-19 ini, dimana beberapa waktu lalu Covid-19 mulai mereda di Sumut. Mungkin ini yang membuat masyarakat mulai banyak beramai- ramai di jalan,” ujarnya lewat siaran langsung kanal YouTube Pemprov Sumut.

Dikatakan Whiko, penyebaran jumlah positif Covid-19 tersebut terjadi di Medan sebanyak 15 kasus, Deliserdang tiga kasus, Pematang Siantar, Tanjung Balai, Serdang Bedagai, dan Labuhan Batu Utara masing-masing satu kasus.

“Penderita Covid-19 masih akan terus terjadi jika masyarakat masih berperilaku seperti saat ini. Berkumpul kumpul, beraktivitas di keramaian, tidak menggunakan masker,” tegasnya.

Sementara itu, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal juga bertambah sebanyak lima orang, sehingga total yang meninggal menjadi 21 orang. Diikuti pertambahan pasien dalam pengawasan (PDP) menjadi 158 orang.

“Sedangkan untuk pasien yang sembuh masih bertahan, sebanyak 48 orang,” pungkasnya. (finta rahyuni)