Kriket Sumut Teriak Fasilitas Pelatda PON 2024, Target 4 Medali Emas

0
114
Sekum PCI Sumut, Abdul Hakim (dua dari kiri) menyatakan kriket akan berupaya merebut empat emas di PON 2024.(kaldera/HO)
Sekum PCI Sumut, Abdul Hakim (dua dari kiri) menyatakan kriket akan berupaya merebut empat emas di PON 2024.(kaldera/HO)

MEDAN, kaldera.id – Atlet kriket (cricket) Sumut mengakui fasilitas latihan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) belum maksimal. Meski begitu, cabang olahraga ini tetap memasang target empat medali emas dari 10 medali emas yang akan diperebutkan di PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

“Dengan latihan tanpa sarana pendukung yang memadai, Insya Allah 4 emas menjadi target. Untuk cabor cricket di pertandingan di Sumut. Namun sampai saat ini Sumut belum memiliki lapangan sesuai standard nasional,” ujar Ketua Pengrov Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Sumut, Wangsa Amin melalui Sekum PCI Abdul Hakim Siregar di Posko Publikasi PON 2024 Aceh-Sumut, Kamis (15/6/2023).

Didampingi Wakil Ketua I Azhari M Nasution, Hakim menuturkan pesta olahraga nasional yang akan dihelat di Aceh-Sumut pada 2024 merupakan kebanggaan masyarakat Sumut dan para atlet yang berlaga.

Namun sangat disayangkan hingga saat ini Sumut belum miliki stadion cricket bertaraf nasional apalagi internasional.

“Untuk saat ini atlet cricket berlatih di lapangan serbaguna Unimed dan lapangan tembak di Pasar V Desa Sampali. Latihan belum memadai untuk latihan para atlet. Namun pengurus terus berupaya mencari lapangan untuk latihan,” bebernya.

Ia menambahkan, PON 2024 cabor cricket mempertandingkan 10 nomor. Untuk putra sebanyak 5 nomor terdiri atas Twenty – Twenty (T 20), Super Eight, Super Sixes, T10 dan Last Man Stands.

Kemudian, untuk putri juga 5 nomor terdiri atas Twenty – Twenty (T 20), Super Eight, Super Sixes, T10 dan Last Man Stands. Jadi ada 10 medali emas yang diperebutkan.

Hakim menjelaskan atlet cricket saat ini dengan kekuatan 28 atlet. Untuk menjaring atlet yang berkualitas PCI Sumut meminta kepada KONI Sumut penambahan kuota menjadi 50 atlet.

Hal ini agar atlet yang berlaga di PON memiliki mental juara dengan target 4 medali emas. Namun jika sarana untuk latihan terpenuhi target bisa mencapai 6 medali emas.(f rozi/red)