FISIP UMSU Bekali 4 Tim Mahasiswa Lolos PKM Nasional

salah satu Tim PKM FISIP foto bersama dengan Dekanat dan Dosen Pendamping usai pembekalan.
salah satu Tim PKM FISIP foto bersama dengan Dekanat dan Dosen Pendamping usai pembekalan.

MEDAN, kaldera.id – FISIP UMSU memberikan pembekalan sekaligus melepas keberangkatan 4 Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang sudah lolos seleksi nasional.

Kegiatan yang didanai Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) siap terjun ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan kreativitasnya sesuai dengan proposal yang diajukan.

Kegiatan pembekalan ini dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan ketat di Laboratorium Sosial Politik dan Halaman Kampus FISIP UMSU, Senin (14/6/2021).

“Tahun 2021 ini, empat Tim PKM yang diketuai mahasiswa FISIP dinyatakan lolos setelah mengikuti seleksi tingkat nasional. Pembekalan dan pemberangkatan ini sebagai wujud dukungan fakultas dan prodi sekaligus memberi motivasi agar mereka lebih semangat mengerjakan kreativitasnya di lapangan,” ujar WD III, Abrar Adhani ketika membuka kegiatan tersebut.

Tim PKM yang lolos seleksi nasional dengan judul, Pemberdayaan Masyarakat Desa Lau Beng Kelade Dalam Menerapkan Fardhu Kifayah Dengan Bantuan Aplikasi Tata Cara Pengurusan Jenazah.

Kemudian, Inovasi Batik Two In One Berbasis Augmented Reality Heroes Berdaya Saing Internasional. Lalu, Early Education With Effective Learning Methods BCCT (Beyond Center Circle Time) And Storytelling Dalam Menanamkan Gerakan Revolusi Mental di PAUD Mutiara Rahma.

Terakhir, D-Gift: Inovasi Bisnis Kreatif Paketan Hadiah Digital Dengan Kemasan Ramah Lingkungan.

“Lolosnya empat tim PKM FISIP UMSU di tingkat nasional merupakan hasil capaian kreativitas luar biasa mahasiswa di tengah pandemi Covid-19. Mudah-mudahan, pelaksanaannya di lapangan sesuai harapan. Sehingga terus melaju dan bisa menuju PIMNAS 2021,” ujar Dekan FISIP UMSU, Arifin Saleh Siregar.

Edy Prayitno, salah seorang dosen pendamping mengatakan, mulai minggu ini empat tim PKM FISIP akan turun ke lapangan mengerjakan kreativitasnya sesuai proposal yang sudah diajukan.

Melalui PKM ini juga mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, dan membangun kerja sama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. (efri surbakti)