Kalah 0-4, Perjuangan Timnas Indonesia Semakin Berat

Timnas Indonesia kalah telak 0-4 dari Timnas Thailand di pertandingan final leg pertama Piala AFF 2020 di Singapore National Stadium, Rabu (29/12/2021).
Timnas Indonesia kalah telak 0-4 dari Timnas Thailand di pertandingan final leg pertama Piala AFF 2020 di Singapore National Stadium, Rabu (29/12/2021).

MEDAN, kaldera.id – Timnas Indonesia kalah telak 0-4 dari Timnas Thailand di pertandingan final leg pertama Piala AFF 2020 di Singapore National Stadium, Rabu (29/12/2021). Kekalahan ini membuat perjuangan Evan Dimas cs semakin berat meraih juara di ajang ini.

Thailand sudah unggul 1-0 ketika pertandingan baru berjalan dua menit lewat kapten kesebelasannya C Songkrasin. Songkrasin dengan tenang menaklukkan Argawinata.

Songkrasin kembali memperbesar keunggulan timnya di menit 52 memanfaatkan umpan pendek Sarachat. Selang beberapa menit kemudian giliran Sarachat yang menjebol gawang Argawinata di menit 67. Kemenangan Thailand ditutup lewat gol B Phala yang lepas dari penjagaan pemain belakang Indonesia dimenit 83 memanfaatkan umpan pendek W Kanitsribampen.

Dalam laga ini Thailand menunjukkan permainan mental juara. Serangan dibangun dengan terencana. Komunikasi antar pemain dibangun dengan baik. Begitu juga penyelesaian akhir. Yang menjadi catatan penting, tiga gol Thailand semua dimulai dari sektor kiri pertahanan Indonesia.

Indonesia sendiri dalam laga ini hanya memiliki dua peluang emas. Pertama diciptakan di penghujung babak pertama lewat Dewangga. Meskipun sudah bebas berdiri, tendangannya melenceng ke atas mistar gawang lawan. Sedangkan peluang satunya lagi lewat Irfan Jaya. Sayang, tembakannya masih bisa ditepis kiper. Kelemahan Indonesia sendiri masih terlihat di lini belakang. Terlalu lama membiarkan pemain lawan menguasai bola dan lambat menutup pergerakan lawan. (reza)