Hafiz Harahap: Kepala Sekolah Al Washliyah harus Penuhi 4 Kriteria Ini

0
181
Ketua PD Al Washliyah Kota Medan Abdul Hafiz Harahap (kemaja hijau) bersama Pengurus diabadikan bersama peserta Fit And Propertest calon Kepsek SMP Al Washliyah 24 Medan.
Ketua PD Al Washliyah Kota Medan Abdul Hafiz Harahap (kemaja hijau) bersama Pengurus diabadikan bersama peserta Fit And Propertest calon Kepsek SMP Al Washliyah 24 Medan.

 

MEDAN, kaldera.id – Kepala sekolah di lingkungan Al Washliyah harus memiliki kriteria yang telah ditetapkan sebagai langkah awal membangun sekolah Al Washliyah berkualitas.

“Kepala sekolah Al Washliyah harus memenuhi empat kriteria utama, yang mana keempat kriteria harus melekat pada diri para kepala sekolah Al Washliyah”, kata Ketua PD Al Washliyah Kota Medan Abdul Hafiz Harahap, saat membuka pelaksanaan fit and propertest calon Kepala Sekolah SMP Al Washliyah 24 Medan, Jum’at 24 Agustus 2022, di Kantor PD Al Washliyah Kota Medan Komplek Tasbi II Medan.

Keempat kriteria tersebut kata Abdul Hafiz Harahap adalah pertama, niatnya untuk membangun Al Washliyah dan Sekolah Al Washliyah. Artinya niatnya jangan untuk kepentingan personal atau kepentingan kelompok tertentu.

Kedua, para kepala sekolah harus memiliki sifat jujur. Jujur terhadap diri sendiri, jujur kepada sekolah yang dipimpin dan jujur pada organisasi Al Washliyah. Sifat ini penting selain mengikuti sifat Baginda Rasulullah SAW, dengan sifat jujur kita akan bermartabat di dunia maupun di akhirat.

Kriteria ketiga adalah kepala sekolah harus ikhlas dalam mengemban amanah dan menjalankan tanggungjawab sekolah dan organisasi. Kita harus ingat bahwa Al Washliyah ini adalah warisan para ulama warasatul anbiya. Dan orang yang mengikuti Nabi Muhammad dan ulama pastilah orang yang ikhlas.

Kepala sekolah Al Washliyah Harus memiliki kompetensi dan kualitas

Keempat dari sisi akademis, maka kepala sekolah Al Washliyah Harus memiliki kompetensi dan kualitas yang terukur serta teruji secara keilmuan dibidang pendidikan.

“Inilah empat kriteria yang harus dimiliki setiap kepala sekolah di lingkungan Al Washliyah “, tegas Abdul Hafiz Harahap.

Sementara itu calon yang mengikuti fit and propertest Kepala sekolah SMP Al Washliyah 24 Medan adalah Bardansyah Simamora, S.Pd, Fitri, S.Pd dan Rini Suryani, S.T.

Ketiga peserta ini akan diuji oleh tim Penguji yakni Dr. Uun Ahmad Saehu, S.E, M.Pd, CH, CHT dari unsur MP Sumut, Juli Iswanto, M.Pd.I dari Unsur MP Medan dan Yopie Rachmad, S.Pd. M.Si.

Sebelum Ketua MP PD Al Washliyah Medan yang diwakili Wakil Ketua M. Husni Maulana dalam sambutannya menyampaikan bahwa fit and propertest ini dilaksanakan sudah mengikuti aturan organisasi dan Sistem Pendidikan Al Washliyah (SPA).

“Saya berharap pelaksanaan ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin Sekolah SMP Al Washliyah 24 Medan, yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan”, ujarnya.

Ketua PD Al Washliyah Kota Medan pada acara itu didampingi Bendahara PD Al Washliyah Kota Medan Fachroel Rozi, Wakil Ketua Mursal Harahap. Juga hadir Ketua MP PD Kota Medan Julli Iswanto, Sekretaris Putera Chairul Hadi, Wakil Ketua M. Husni Maulana.(efri/red)