Al Washliyah Medan Gelar Bimtek RKAS dan RKAM, Perkuat Manajemen Pendidikan

Ketua PD Al Washliyah Medan, Abdul Hafiz Harahap, saat membuka Bimtek RKAM/RKAS Sekolah Al Washliyah, Kamis (27/10/2022)
Ketua PD Al Washliyah Medan, Abdul Hafiz Harahap, saat membuka Bimtek RKAM/RKAS Sekolah Al Washliyah, Kamis (27/10/2022)

 

MEDAN, kaldera.id – Pengurus Daerah (PD) Al Jam’iyatul Washliyah Kota Medan Abdul Hafiz Harahap mengatakan perencanaan yang baik adalah indikator utama meraih kesuksesan manajemen institusi pendidikan.

Karena itu perencanaan itu penting untuk dipahami dan dikuasai para pengambil kebijakan.

Pernyataan itu disampaikan Ketua PD Al Washliyah Kota Medan saat membuka acara Bimtek Pembuatan RKAS dan RKAM dilingkungan sekolah- sekolah Al Wasliyah di Kota Medan, Kamis (27/10) di Kantor PD Al Washliyah Kota Medan, Kompleks Tasbih II Medan.

Dijelaskan Ketua PD Al Washliyah Kota Medan, bahwa penyusunan RKAM dan RKAS ini adalah langkah awal dalam perencanaan yang dibuat sekolah, terkait kegiatan dan penganggaran. Dengan demikian dalam satu tahun anggaran, sekolah sudah tahu apa yang akan dilakukan, apa kebutuhan dan seperti apa kesiapan anggaran pembiayaannya.

“Atas dasar itulah, PD Al Washliyah Kota Medan melalui MP PD melaksanakan bimtek ini, sehingga diharapkan ke depan RKAS dan RKAM yang disusun benar-benar terencana dengan baik. Bukan copy paste dari tahun ke tahun”, tegas Hafiz Harahap.

Lebih lanjut Hafiz Harahap mengungkapkan, Khulafaur Rasyidin Ali bin Abi Thalib sudah mengingatkan kita akan pentingnya perencanaan. Ali bin Abi Thalib mengatakan “kedzaliman yang terorganisir akan mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir”.

Sebelumnya Kabid Penmad Kemenag Kota Medan Yose Rizal dalam sambutannya mengatakan bahwa Rencana Kebutuhan dan anggaran Madrasah (RKAM), bentuk keseriusan kepala madrasah dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.

“Tersedianya kebutuhan sekolah dan tersedianya anggaran, menunjukkan sekolah memiliki kapasitas dan kualitas dalam merencanakan pembelajaran pada sekolah yang dipimpinnya”, ungkapnya.

Selain itu kata Yose Rizal, pemerintah melalui Kemenag juga memberikan apresiasi bagi madrasah yang memiliki perencanaan yang baik dan akuntabel.

“Kemenag punya program dalam bentuk bantuan kinerja dan afirmasi. Dan program ini diberikan kepada madrasah yang memiliki manajemen dan perencanaan yang baik”, ujarnya.

Dibagian lain, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Medan Bambang Sudewo menyampaikan bahwa proses awal untuk pengerjaan RKAS diambil rapot pendidikan. Jadi perencanaan kebutuhan dan penganggaran sekolah akan lebih terukur dan lebih akuntabel.

“Apa yang dilakukan MP PD Al Washliyah Kota Medan ini merupakan langkah tepat dan kami apresiasi”, jelasnya.

Selain kepala sekolah, bendahara dan operator sekolah, pada pembukaan juga hadir Bendahara PD Al Washliyah Kota Medan Fachroel Rozi, Koodinator MP PD Mursal Harahap, Ketua MP PD Juli Iswanto, Sekretaris Putera Chairul Hadi dan pengurus MP PD Medan Husni Maulana dan undangan lainnya.(efri/red)