Pertama di Indonesia, KKPD Bantu Penyerapan Anggaran Lebih Cepat

Walikota Medan, Bobby Nasution disela-sela launching KKPD
Walikota Medan, Bobby Nasution disela-sela launching KKPD

 

MEDAN, kaldera.id – Pemko Medan kini memiliki Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) dan menjadi pemda pertama di Indonesia. Dengan adanya KKPD inj penyerapan anggaran lebih cepat dan semakin mendukung efisiensi dalam pembiayaan belanja barang dan jasa di lingkungan Pemko Medan.

Selain itu, meningkatan keamanan bertransaksi lewat penerapan digitalisasi. Hal ini diketahui
saat Walikota Medan, Bobby Nasution melaunching KKPD di Balai Kota Medan, Senin (5/12/2022). Realisasi ini juga atas kolaborasi antara Pemko Medan, PT Bank Sumut dan PT Bank BNI.

“Semoga dengan KKPD ini penyerapan anggaran kita bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, setelah ini kita akan lebih memantau lagi serapan anggaran di semua OPD di lingkungan Pemko Medan,” kata Bobby Nasution.

KKPD sendiri merupakan kartu kredit yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas belanja yang dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Oleh karenanya, Bobby meminta seluruh OPD untuk benar-benar mengoptimalisasi KKPD tersebut. “Karena yang kita inginkan adalah akselerasi penyerapan anggaran,” tegasnya.

Penggunaan KKPD secara digital diharapkan kedepannya OPD yang berkaitan dengan UMKM dapat mengedukasi atau memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM untuk mengarahkan mereka dalam pemanfaatan digitalisasi, baik cara pemasaran maupun pembayarannya.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan launching Katalog Medan Kolaborasi Bedah Rumah Layak Huni (KAMI BERANI) yang diinisiasi Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kota Medan berkolaborasi dengan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKP2R).(reza)