Ekspedisi Kaldera Toba Diinisiasi SMSI Sukses

0
162
Ketua Umum SMSI, Firdaus saat melantik para Pengurus SMSI Sumut Periode 2022-2027 di Kantor Gubernur Sumut, Selasa (7/2/2023). Foto: Efri/kaldera
Ketua Umum SMSI, Firdaus saat melantik para Pengurus SMSI Sumut Periode 2022-2027 di Kantor Gubernur Sumut, Selasa (7/2/2023). Foto: Efri/kaldera

MEDAN, kaldera.id – Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupulu mengungkapkan, suksesnya gelaran ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang diinisiasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) tidak terlepas dari dukungan semua semua stakeholder di Sumatera Utara, baik pemerintah provinsi/daerah, korporasi, TNI/Polri dan berbagai elemen masyarakat.

Ekspedisi Geopark Kaldera Toba berlangsung pada 4 – 6 Februari 2023 dengan menelusuri berbagai desnitasi, goesite, kultur adat dan budaya yang melekat pada Geopark Kaldera Toba, mulai dari Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan), Kabupaten Samosir, Kabupaten Simalungun, Kota Siantar dan Kabupaten Serdangbedagai (Sergai).

“Ekspedisi Geopark Kaldera Toba berjalan sukses. Semuanya berkat dukungan seluruh stakeholder, diantaranya Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi; Kapolda Irjen Panca Simanjuntak, Pangdam I/BB melalui Denpom 1/1 Siantar yang melakukan pengawalan perjalanan tim ekspedisi; Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan; Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom; Walikota Siantar, dr Susanti Dewayana; Bupati Serdangbedagai, Darwa Wijaya, serta para Forkominda se-Sumatera Utara,” ujar Ketua SMSI Sumatera Utara, Erris J Napitupulu usai pelantikan Pengurus SMSI Sumatera Utara di Kantor Gubsu, Selasa (7/2/2023).

Tak lupa juga, Erris J Napitupulu mengucapkan terimakasih atas support dari korporasi BUMN, BUMD dan juga korporasi swasta, diantaranya PT Pegadaian Kanwil I Medan, Perumda Tirtanadi, PT Agincourt Resource Martabe, PT Toba Pulp Lestari, Tbk dan pihak lainnya.

Dijelaskan Erris J Napitupulu, Ekspedisi Geopark Kaldera Toba digagas oleh SMSI Sumut dengan melibatkan 200 lebih pengusaha media Siber. “Ekspedisi Geopark Kaldera Toba dihadiri Ketua Umum SMSI Firdaus, Sekjen SMSI Mohammad Nasir dan pengurus pusat lainnya, yang terlibat langsung merasakan dan menelusuri geosite-goesite hingga adat dan budaya di kawasan Danau Toba,” jelas Erris.

Bukti dan tanggungjawab media

Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang dilakukan SMSI adalah bukti dan tanggungjawab media sebagai bentuk dukungan untuk mempertahankan Geopark Kaldera Toba yang telah diberikan UNESCO untuk Sumatera Utara.

“Hasil Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang diberitakan oleh SMSI se-Indonesia, akan didaftarkan dalam Rekor MURI dan juga akan dibukukan untuk menambah bacaan seputar Danau Toba. Inilah bentuk komitmen dan kontribusi SMSI bagi bangsa dan negara,” bebernya.

Ekspedisi Geopark Kaldera Toba dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2023 diakhiri dengan pelantikan Pengurus SMSI Sumatera Utara periode 2022 – 2027 yang diketuai Erris J Napitupulu, Sekretaris Ariadi, Bendahara Agus Lubis oleh Ketua Umum SMSI, Firdaus.(efri/rel)