Orang Meninggal Dilantik Gubsu jadi Pejabat, Ini Penjelasannya.

0
118
Pengambilan sumpah dan pelantikan 911 pejabat eselon III dan IV Pemprov Sumatera Utara, oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Selasa (21/02/2023)
Pengambilan sumpah dan pelantikan 911 pejabat eselon III dan IV Pemprov Sumatera Utara, oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Selasa (21/02/2023)

MEDAN, kaldera.id – Pengambilan sumpah dan pelantikan 911 pejabat eselon III dan IV Pemprov Sumatera Utara, oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Selasa (21/02/2023), sepertinya menyisakan masalah.

Informasi yang dihimpun wartawan dari berbagai sumber, ada pejabat eselon IV yang sudah meninggal dunia, namun ikut dalam daftar SK pelantikan. Tak hanya itu, ada juga yang sudah pensiun ikut dilantik dalam SK itu.

Pejabat eselon IV yang sudah meninggal dunia adalah Edison Hutasoit. Ia “dilantik” untuk jabatan Kepala Seksi Sumber Daya Air dan Cipta Karya UPTD Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tarutung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumut.

Kemudian Jenner ikut juga “dilantik” untuk jabatan Kepala Seksi Pengujian dan Distribusi UPTD Ternak Unggas dan Sapi Sihitang Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut, padahal Jenner sudah pensiun.
Di bagian lain, Makmur Napitupulu diundang untuk dilantik pada 21 Februari 2023. Padahal diketahui Makmur Napitupulu sudah pensiun per Desember 2022 dari Dinas Sosial Sumut.
Diduga Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, telah mengetahui permasalahan atas pelantikan 911 pejabat eselon III dan IV tersebut.

Seorang sumber kepada wartawan mengatakan bahwa Gubernur Edy Rahmayadi telah memarahi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut, Safruddin, atas berbagai permasalahan yang timbul dari pelantikan itu.
“Dalam dua minggu ini, itu harus kau perbaiki,” ujar sumber yang tak bersedia menyebutkan namanya, menirukan ucapan marah Gubernur Edy Rahmayadi kepada Kepala BKD.
Perihal permasalahan tersebut, Kepala BKD Sumut, Safruddin, merespon konfirmasi wartawan, Rabu (22/02/2023) malam lewat pesan whatsapp.

“Ok sedang kami cek,” jawab Safruddin. Lebih lanjut Safruddin menjawab bahwa pada prinsipnya tidak ada masalah dalam pelantikan eselon III dan IV tersebut.
Sebagaimana diketahui, Gubernur Edy Rahmayadi, melantik 911 pejabat, yang terdiri dari 329 pejabat eselon III dan 582 eselon IV di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Selasa (21/02/2023) secara offline (tatap muka langsung) dan online (daring).
Pada pelantikan yang dihadiri Sekdaprov Sumut, Arief S Trinugroho, dan saksi yaitu Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dr Agus Tripriyono dan Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Rajali (medanbisnis)