Rashif Amalia Yakin Raih Emas Di SEA Games 2023

Rashif Amila Yaqin
Rashif Amila Yaqin

MEDAN, kaldera.id – Rashif Amila Yaqin mengaku terharu menjadi peraih medali emas pertama kontingen Indonesia di SEA Games 2023 di Kamboja.

Medali emas itu jadi yang pertama dalam karier Rashif Amila. Atlet asal Jawa Barat ini menyumbang emas SEA Games 2023 melalui cabang aquatlon nomor individu putra di Kep Town Beach, Sabtu (6/5).

Pada nomor tersebut, Rashif mengalahkan atlet Filipina Andrew Kim Abay Remolino yang meraih perak dan Bryce Sheng Cher Chong dari Singapura yang mendapatkan perunggu.

“Senang terharu bisa dapat emas buat Indonesia, sama emas pertama buat saya di SEA Games, bahagia dan bangga,” kata Rashifa Amila dikutip dari Antara.

Atlet yang akrab disapa Ami mengatakan langsung menghubungi orang tua usai menjadi yang terdepan dalam perlombaan.

“Orang tua saya juga menyampaikan, jalan masih panjang,” ucap Ami.

Aquatlon merupakan salah satu bagian dari cabang triatlon. Apabila triatlon gabungan dari lomba lari dan renang, aquatlon atau duatlon hanya mempertandingkan lari dan renang saja.

Ami sendiri memiliki dasar sebagai atlet renang. Akan tetapi pada pada 2022 berpindah cabang ke triatlon.

“Renang itu saya dari sekitar kelas empat SD, mulai latihan renang. Terakhir tanding itu di PON Papua masih cabor renang, Alhamdulillah waktu itu dapat dua perunggu, di dua nomor,” ujar Ami. (cnn)