Peringati HUT HKTI Ke 50, Gus Irawan Canangkan Desa Durian

Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu
Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu

 

MEDAN, kaldera.id- Semangat 50 tahun atau HUT emas Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) disemarakkan oleh HKTI Sumut dengan melakukan pencanangan “Desa Durian” di Desa Silo Lama Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan, Sabtu (17/06/2023).

H.Gus Irawan Pasaribu, SE.Ak,MM.CA, selaku Ketua HKTI Sumut menyampaikan bahwa pada zaman dahulu desa Silo Lama merupakan desa penghasil durian yang baik di Kabupaten Asahan.

“Pada zaman dahulu desa Silo Lama merupakan desa penghasil durian di Kabupaten Asahan, namun seiring berjalannya waktu terjadi pergeseran peralihan tanaman durian menjadi tanaman kelapa sawit sekitar akhir tahun 1990 an hingga awal tahun 2000 an dan sejak saat itu tidak terdengar lagi hasil perkebunan buah durian dari masyarakat Silo Lama,” ungkapnya.

Ketua HKTI Sumut ini juga menyampaikan harapan agar dikemudian hari masyarakat dapat menikmati kembali nilai ekonomi dari buah durian. “Dengan semangat 50 tahun HUT HKTI ini kami memiliki harapan agar masyarakat dapat menikmati nilai ekonomi dari buah durian dan tentunya dapat menjadi sentra daerah penghasil buah durian di Sumatera Utara sebab buah durian merupakan memiliki nilai jual yang stabil serta memiliki posisi tawar harga yang baik dan,” jelasnya.

“Di sisi lain dalam kesempatan ini kami juga menjalankan pesan yang senantiasa dititipkan oleh Ketua Dewan Pembina HKTI Bapak Prabowo Subianto agar senantiasa berbuat yang terbaik detengah masyarakat,” tutupnya.

Kegiatan dihadiri oleh puluhan masyarakat ataupun petani sekitar Desa Silo Lama dan ditutup dengan pembagian serta penanaman pohon durian.