BMKG Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada Terjadi Hujan Lebat Berpotensi Banjir di Sumut

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

 

MEDAN, kaldera.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir.

“Waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah sebagian lereng Timur, lereng Barat serta pegunungan Sumatera Utara yang dapat berpotensi mengakibatkan banjir dan longsor,” kata Prakirawan BBMKG Medan Martha Manurung, di Medan, Rabu.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berpotensi hujan ringan di Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu.

Siang sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Asahan, Simalungun, Humbang Hasundutan, Toba, Tapanuli Utara, Mandailing Natal dan sekitarnya

Malam hari berpotensi hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Tapanuli Utara, Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Samosir, Mandailing Natal, dan sekitarnya dan dini hari berawan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Sementara suhu udara rata rata 16.0 – 32.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam. (antara)