BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin kencang di Sumut

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

 

MEDAN, kaldera.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara.

“Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi Selasa sore dan malam di Lereng Timur, pegunungan dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor,” kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Endah Paramita di Medan, Selasa.

Secara umum, cuaca di Sumatera Utara siang dan sore hari berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas sedang di wilayah Kepulauan Nias, Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Toba, Samosir, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Tapteng, Sibolga, Madina, Taput, Simalungun, Pematang Siantar, dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi terjadi di Langkat, Deli Serdang, Medan, Karo, Dairi, Samosir, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Sibolga dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 16 – 33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara rata-rata 60 – 95 persen dan angin berembus dari Tenggara – Barat Daya, 10 – 30 km/jam. (antara)