BKMG: Sumut Potensi Hujan Deras dan Angin Kencang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

 

MEDAN, kaldera.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebagian wilayah di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan (7-8/9) 2023 masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diiringi petir dan angin kencang.

” Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di Lereng Timur, pegunungan, Pantai Barat, Lereng Barat Sumatera Utara yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor,” kata prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan, di Medan, Kamis.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan.

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Hujan Lebat berpotensi terjadi di daerah Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Sumatera Utara.

Hujan Lebat berpotensi terjadi di wilayah daerah Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan sekitarnya

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Langkat, Medan, Binjai, Deli Serdang, Dairi, Pakpak Bharat, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Padang Lawas.

Sementara suhu udara: 17.0 – 31.0 Derajat Celcius, kelembapan udara : 75 – 98 persen dan angin berhembus dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam. (det)