Manfaat dan Risiko Mengkonsumsi Nasi yang Sudah Dingin

Tentunya tak ada yang mengalahkan nikmatnya nasi putih panas yang baru matang. Bagaimana dengan nasi dingin? Apa manfaat nasi dingin?
Tentunya tak ada yang mengalahkan nikmatnya nasi putih panas yang baru matang. Bagaimana dengan nasi dingin? Apa manfaat nasi dingin?

 

MEDAN, kaldera.id – Tentunya tak ada yang mengalahkan nikmatnya nasi putih panas yang baru matang. Bagaimana dengan nasi dingin? Apa manfaat nasi dingin?

Beberapa orang lebih suka menyantap nasi selagi masih segar dan panas, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa resep, seperti salad nasi atau sushi, memerlukan nasi dingin.

Meski begitu, Anda mungkin bertanya-tanya apakah aman mengonsumsi nasi dingin.

Nasi dingin memiliki kandungan pati resisten yang lebih tinggi dibandingkan nasi yang baru dimasak.

Pati resisten adalah jenis serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh Anda. Namun, bakteri di usus Anda dapat memfermentasinya, sehingga bertindak sebagai prebiotik, atau makanan bagi bakteri tersebut.

Jenis pati resisten khusus ini disebut pati retrogradasi dan ditemukan dalam makanan bertepung yang dimasak dan didinginkan. Faktanya, nasi yang dihangatkan kembali tampaknya memiliki jumlah tertinggi.

Mengutip Healthline, proses fermentasi menghasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA), yang memengaruhi dua hormon – peptida-1 seperti glukagon (GLP-1) dan peptida YY (PYY) – yang mengatur nafsu makan Anda.

Mereka juga dikenal sebagai hormon antidiabetik dan anti-obesitas karena hubungannya dengan peningkatan sensitivitas insulin dan pengurangan lemak perut. Itu juga jadi manfaat nasi dingin.

Sebuah penelitian pada 15 orang dewasa sehat menemukan bahwa makan nasi putih yang telah didinginkan selama 24 jam pada suhu 4°) dan kemudian dipanaskan kembali secara signifikan mengurangi kadar gula darah setelah makan, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Selain itu, sebuah penelitian pada tikus yang diberi makan bubuk beras retrogradasi menunjukkan bahwa hal tersebut meningkatkan kadar kolesterol darah dan kesehatan usus secara signifikan, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Namun, meskipun temuan ini tampak menjanjikan, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan untuk mengonfirmasi efek ini.

Meski ada beberapa manfaat nasi dingin, namun makan nasi dingin atau panas meningkatkan risiko keracunan makanan dari Bacillus cereus, yang dapat menyebabkan kram perut, diare, atau muntah dalam waktu 15-30 menit setelah menelannya.

Bacillus cereus adalah bakteri yang biasanya ditemukan di tanah yang dapat mencemari beras mentah. Ia memiliki kemampuan untuk membentuk spora, yang bertindak sebagai perisai dan memungkinkannya bertahan saat dimasak.

Oleh karena itu, nasi dingin mungkin masih terkontaminasi meskipun dimasak dengan suhu tinggi.

Namun, masalah pada nasi yang didinginkan atau dipanaskan kembali bukanlah bakterinya, melainkan cara nasi tersebut didinginkan atau disimpan. Bakteri patogen atau penyebab penyakit, seperti Bacillus cereus, tumbuh dengan cepat pada suhu antara 4-60 derajat celcius – kisaran yang dikenal sebagai zona bahaya.

Oleh karena itu, jika nasi dibiarkan dingin dengan mendiamkannya pada suhu ruangan, spora akan berkecambah, berkembang biak dengan cepat, dan menghasilkan racun yang membuat Anda sakit

Meskipun siapa pun yang mengonsumsi nasi yang terkontaminasi bisa mengalami keracunan makanan, mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah atau lemah, seperti anak-anak, orang lanjut usia, atau wanita hamil, mungkin memiliki risiko infeksi yang lebih tinggi.

Makan nasi dingin meningkatkan risiko keracunan makanan dari Bacillus cereus, bakteri yang bertahan saat dimasak dan dapat menyebabkan kram perut, diare, atau muntah.

Cara aman makan nasi dingin

Nasi dingin aman dikonsumsi selama Anda mengolahnya dengan benar. Mendinginkan dan menyimpan nasi dengan benar membantu mengurangi risiko keracunan makanan.

Berikut beberapa petunjuk penting yang harus diikuti mengenai cara menangani dan menyimpan nasi dengan aman.

Sisa nasi sebaiknya tidak dibiarkan pada suhu ruangan lebih dari 2 jam. Jika iya, sebaiknya dibuang saja.

Pastikan untuk mendinginkan nasi pada suhu 5 derajat Celcius untuk mencegah pembentukan spora. Anda dapat menyimpan nasi di lemari es hingga 3-4 hari.

Mengikuti petunjuk pendinginan dan penyimpanan ini memungkinkan Anda mencegah spora berkecambah.

Untuk menikmati sajian nasi dingin, pastikan menyantapnya selagi masih dingin dan tidak membiarkannya mencapai suhu ruangan.

Jika Anda lebih suka memanaskan kembali nasi, pastikan nasi masih mengepul panas atau pastikan suhunya telah mencapai 74 derajat Celcius dengan termometer makanan. (cnn)