Agar UMKM Naik Kelas, Kadin Sumut Gelar Workshop

Ketua Umum Kadin Sumatera Utara, Firsal Dida Mutyara  melalui WKU Bidang Kewirausahaan & UMKM  Dian Ary Permana Harahap, menggelar workshop UMKM yang dilaksanakan di Gedung Kadin Sumatera Utara.
Ketua Umum Kadin Sumatera Utara, Firsal Dida Mutyara  melalui WKU Bidang Kewirausahaan & UMKM  Dian Ary Permana Harahap, menggelar workshop UMKM yang dilaksanakan di Gedung Kadin Sumatera Utara.

MEDAN, kaldera.id –  Ketua Umum Kadin Sumatera Utara, Firsal Dida Mutyara  melalui WKU Bidang Kewirausahaan & UMKM  Dian Ary Permana Harahap, menggelar workshop UMKM yang dilaksanakan di Gedung Kadin Sumatera Utara.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kadin Sumatera Utara dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Medan.

Sebanyak total 150 orang peserta mengikuti kegiatan ini secara bergantian selama 5 hari. Agar mencapai tujuan yang efektif, kegiatan dibagi menjadi 2 Batch.

Batch 1 dimulai hari ini, tanggal 16 Oktober 2023 sampai dengan tanggal 20 Oktober 2023. Selanjutnya batch 2 dimulai dari 23-27 Oktober 2023.

WKU Bidang Kewirausahaan & UMKM Dian Ary Permana Harahap, Senin (16/10/2023) di Medan, saat dijumpai media  mengatakan kegiatan ini merupakan komitmen Kadin Sumut dari Bidang Kewirausahaan & UMKM memajukan UMKM di Sumut.

Target dari kegiatan terjadinya peningkatan omset dari UMKM serta kedepannya akan direkrut menjadi binaan dari Kadin Sumut, kata dia.

Dian Ary Permana menambahkan ada sekira 20 UMKM berasal dari bukan sektor makanan ataupun minuman.

“Hal ini menjadi pertanda baik dikarenakan pentingnya perhatian terhadap UMKM ini seperti dari sektor kerajinan tangan (handycraft),” pungkasnya.

“Kegiatan Workshop UMKM ini merupakan realisasi program kerja Kadin Sumatera Utara. Saat ini, salah satu program kerjanya meningkatkan daya saing ekonomi kreatif dan UMKM. Oleh sebab itu, workshop UMKM yang dilakukan ini sebagai langkah awal dari mewujudkan program kerja yang ada dari bidang Kewirausahaan & UMKM,” kata Dian Ary Permana.

Kegiatan ini juga turut dihadiri pengurus Kadin Sumut yang dalam kesempatan ini hadir WKU Ketenagakerjaan  Ricky, Komite Tetap Koperasi dan Wirausaha Sosial  Indana Saramita Rachman, Komite Tetap Pelatihan Wirausaha  Vivi Teja dan Komite Tetap Advokasi Wirausaha  Teuku Aliyuddinsyah, serta Direktur Eksekutif  Diaz Wardianto, WK.

Kemudian tampak juga hadir dari Kordinator Penyelenggaran BBPVP Medan Rahmat Parhimpunan Siregar, ST., MM.

Perlunya aksi cepat

“Tahap pertama dari bidang kewirausahaan & UMKM. Tahap kedua nanti akan kami rencanakan terkait dengan monitoring dan kolaborasi dengan pemerintah dalam proses pembinaan terhadap UMKM. Perlunya aksi cepat dan sentuhan organisasi pengusaha, dalam hal ini Kadin yang didorong oleh pemerintah tentu akan semakin mmepercepat UMKM naik kelas,” tegas Dian Ary Permana.

Selanjutnya dia menyampaikan jumlah peserta yang sangat antusias dibuktikan kuota yang sudah melebihi target.

Selain dilaksanakan gratis, juga menghadirkan narasumber kompeten dan dapat melakukan transferknowledge dengan baik, ujarnya.

Dian Ary Permana berharap pelatihan ini dapat diikuti dengan pelaku UMKM. Hal ini karena selain pengalaman, juga dibutuhkan pengetahuan dan tata cara ataupun tahapan yang baik agar mampu mewujudkan UMKM naik kelas.

Workshop batch 1 akan berfokus pada peningkatan produktivitas, termasuk cara merencanakan, mengorganisasikan, membimbing penerapan alat, teknik dan metode dalam meningkatkan produktivitas UMKM, tutupnya.