Program UHC Berlanjut, Warga Medan Masih Bisa Berobat Gratis

Syaiful Ramadhan
Syaiful Ramadhan

 

MEDAN, kaldera.id – Ketua Fraksi PKS DPRD Medan, Syaiful Ramadhan menegaskan, program UHC (Universal Health Coverage) berlanjut di 2024.

Program perlindungan kesehatan gratis bagi warga itu menjadi salah satu target priotitas DPRD dan Pemko Medan.

“Program ini (UHC-red) menjadi prirortas untuk kita perjuangkan. Dan PKS di dalamnya juga menjadi bagian terdepan dalam memperjuangkan ini,” tegasnya, Selasa (21/11/2023).

Pria yang duduk di Komisi 2 itu menjelaskan, program kesehatan gratis dan bermutu sudah menjadi kewajiban yang harus ditunaikan.

Sebab, seluruh instrumen pendukungnya sudah memadai. Mulai dari produk hukumnya hingga ketersediaan anggaran serta fasilitas-fasilitas layanannya.

“Alhamdulillah, program ini bisa dilanjutkan pada 2024 dan ditampung dalam APBD 2024 yang anggarannya sudah disetujui kemarin,” katanya.

Namun begitupun dirinya meminta Pemko Medan perlu melakukan perbaikan dan pembenahan dari segala sisi. Sehingga program ini menjadi program yang manfaatnya bisa dirasakan masyarakat Kota Medan.

“Fraksi PKS mengapresiasi program UHC yang telah berjalan di 2023. Kami berharap program UHC ini dapat disosialisasikan lebih massif agar masyarakat Kota Medan dapat mengakses program ini. Dan kami berharap ada evaluasi terhadap pelaksanaan UHC karena masyarakat masih banyak yang mengeluh terkait sulitnya mengakses program UHC ini. Kami berharap program UHC ini dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat kota medan yang belum memiliki BPJS,” tambahnya.(reza)