Menuju Unggul, FITK UINSU Siap Kerjasama dengan Tiga Universitas Besar di Australia

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), UIN Sumatera Utara (UINSU) Medan, Prof Dr. Tien Rafida, M.Hum menjajaki kerjasama dengan tiga universitas di Australia. Upaya ini salah satu strategi FITK meraih unggul.
Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), UIN Sumatera Utara (UINSU) Medan, Prof Dr. Tien Rafida, M.Hum menjajaki kerjasama dengan tiga universitas di Australia. Upaya ini salah satu strategi FITK meraih unggul.

 

MEDAN, kaldera.id – Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), UIN Sumatera Utara (UINSU) Medan, Prof Dr. Tien Rafida, M.Hum menjajaki kerjasama dengan tiga universitas di Australia. Upaya ini salah satu strategi FITK meraih unggul.

Dekan melakukan lawatan ke beberapa Universitas ternama di Australia pada 1 Desember 2023 – 6 Desember 2023 bersama Wakil Dekan Bidang Akademik Prof Candra Wijaya, M.Pd, Ketua Prodi Magister Tadris Bahasa Inggris Maslathif Dwi Purnomo, Ph.D, dan Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan Syakdun, MAP.

Adapun tiga universitas ternama di tiga kota yang berbeda menjadi tujuan dari lawatan ini. Di kota Sydney, Dekan dan tim mengunjungi Macquarie University sekaligus mengikuti Workshop in Higher Education Management System yang diselenggarakan oleh Department of Management, Macquarie University.

Sementara itu, di kota Canberra, tim FITK UINSU mengunjungi Australian National University yang merupakan kampus peringkat nomor 2 di Australia. Sedangkan di kota Melbourne, Dekan dan Tim melakukan lawatan khusus ke Kampus peringkat nomor 1 di Australia, Melbourne University.

“Lawatan ini bertujuan untuk nembuka jalan bagi kerjasama antara FITK UINSU dengan universitas di Australia,” kata Prof Tien.

Prof Tien menegaskan bahwa unruk mendapatkan predikat unggul, FITK harus bekerja keras yang salah satunya adalah rekognisi atau pengakuan Internasional. Karena itu, ke depan, Dekan yang energik ini merencanakan akan membawa jajaran di lingkungan FITK dan mahasiswa, baik S1, S2, maupun S3 ke Australia untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dan mengikuti workshop.

Sementara itu, Prof Candra selaku Wakil Dekan Bidang Akademik mengungkapkan rasa kagumnya pada Universitas di Australia karena sistem dan manajemen yang sudah terbangun dengan baik.

“Kita perlu belajar banyak dari kampus di Australia ini, supaya kita bisa mewujudkan UIN Sumatera Utara sebagai World Class University” menurut Prof Candra.

Maslathif Dwi Purnomo, Ph.D, Ketua Prodi S2 Tadris Bahasa Inggris mengatakan bahwa kegiatan ini nerupakan wujud nyata komitmen FITK UINSU dalam meningkatkan kapasitas akademik dan performa Fakultas menuju Fakultas yang unggul.

Alumni Charles Sturt University, Australia ini berencana akan mengirimkan secara khusus nahasiswa Magister Tadris Bahasa Inggris ke Australia untuk mengikuti short course metodolodi penelitian dan juga conference.

Dalam lawatan ini, tim FITK UINSU juga mengambil pelajaran bagaimana Kampus Australia merancang ruang kelas dan administrasi untuk diterapkan di FITK UINSU.

Syakdun, MAP Kepala Subbag Akademik mengaku mendapatkan pengetahuan baru tentang bagaimana merancang kelas dan ruang administrasi berlevel Internasional.(efri/red)