Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMA melepas 145 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tahun 2024.Ratusan mahasiswa KKL ini akan ditempatkan di 21 lembaga pemerintahan dan perusahaan swasta selama sebulan mulai 1 hingga 31 Agustus 2024.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMA melepas 145 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tahun 2024.Ratusan mahasiswa KKL ini akan ditempatkan di 21 lembaga pemerintahan dan perusahaan swasta selama sebulan mulai 1 hingga 31 Agustus 2024.

 

MEDAN, kaldera.id – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMA melepas 145 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tahun 2024.Ratusan mahasiswa KKL ini akan ditempatkan di 21 lembaga pemerintahan dan perusahaan swasta selama sebulan mulai 1 hingga 31 Agustus 2024.

Pelepasan KKL mahasiwa tersebut dilaksanakan di Gedung Perpustakaan UMA, Selasa (30/7/2024), yang dihadirin para dosen pembimbing KKL Ilmu Komunikasi dan para fungsionaris FISIP UMA.Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Medan Area (UMA) Dr. Walid Mustafa Sembiring S.Sos, M.Si mengatakan para mahasiwa harus bisa menyerap ilmu selama KKL sehingga selepasnya mereka bisa bertambah wawasan dan kompetensinya.

Jika mahasiswa hanya bermain- main dan tak bertambah wawasan dan kompetensinya, maka mahasiswa tersebut sesungguhnya telah gagal melaksanakan KKL.Walid juga menyebutkan kalau dunia KKL merupakan tempat para mahasiswa melihat bagaimana sebenarnya dunia kerja jurnalistik dan humas.

Banyak pekerjaan dan kegiatan humas serta jurnalis yang tidak didapatkan di dunia kampus. Sehingga di KKL ini mahasiswa bisa mengetahui dan memahami dunai kerja sesungguhnya.Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Dr. Taufik Wal Hidayat, S.Sos. M.AP mengatakan para mahasiswa harus bisa menyesuaikan konsentrasi ilmunya dengan tempat KKLnya.Walau pun ada yang jurusan jurnalistik KKL di kantor DPRD, maka mereka haruslah bisa membuat berita seputar kegiatan atau pun peristiwa yang terjadi di DPRD.Taufik mengharapkan selepas KKL para mahasiswa bisa menerapkan ilmunya dalam dunia kerja kelak. Untuk itu, Dosen Jurnalistik FISIP UMA ini menegaskan agar para mahasiswa benar-benar menjalankan KKL.

Diaberpesan agar para mahasiswa menjaga nama baik kampus dan tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat malu universitas terutama FISIP UMA. Menjaga sopan santun dan mengikuti aturan tempat KKL.Setelah selesai KKL, tambahnya, para mahasiswa harus segera membuat laporannya karena diharapkan mahasiwa segera menyelesaikan kuliahnya.Turut hadir, Dr. Selamet Riadi, M.I.Kom, para dosen diantaranya Dr, Dra. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si, Dr. Syafrizaldi, S.Psi., M.Psi, Khairullah, S.I.Kom., M.I.Kom, Rezki Aulia, S.Sos, M.I.Kom, Sugiatmo, S.Ag, MA, Irsan Mulyadi, S.Sos., M.I.Kom, Usrizal Pulungan S.Sos, M.Ikom, dan Ria Wuri Andary, S.Sos., M.I.Kom. (analisa)