Kapolda Sumut Bangga Anak Buahnya Lulus Sekolah, Kombes Hadi Resmi Kabid Humas

Kapolda Sumut menandatangani berita acara serahterima jabatan Kabid Humas Polda Sumut dari Kombes Tatan (kiri) kepada Kombes Hadi (kanan) di Aula Mapoldasu, Senin (4/1/2021).(ist)
Kapolda Sumut menandatangani berita acara serahterima jabatan Kabid Humas Polda Sumut dari Kombes Tatan (kiri) kepada Kombes Hadi (kanan) di Aula Mapoldasu, Senin (4/1/2021).(ist)

MEDAN, kaldera.id – Sebanyak 11 pejabat utama (PJU) Polda Sumut, 2 Kapolres, dan 2 pejabat lainnya, menjalani upacara serah terima jabatan (sertijab) di Aula Tribrata Mapolda Sumut pada Senin (4/1/2021). Kombes Pol Hadi Wahyudi resmi menjabat Kabid Humas Polda Sumut.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Wakapolda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto. Dalam upacara itu, Martuani mengaku bangga karena sejumlah anak buahnya lolos di Sesko TNI, Lemhanas dan Sespimti Polri.

Dari penelusuran kaldera.id, tiga lembaga pendidikan tersebut merupakan sekolah tertinggi di kalangan kepolisian. Mereka yang mengikuti sekolah itu, lazimnya diproyeksikan menjadi jenderal. “Ini sebagai bukti bahwa Polda Sumut tidak dapat disepelekan dan merupakan kebanggaan Polri, khususnya keluarga besar Polda Sumut atas kelulusan rekan-rekan,” ujarnya Martuani.

Martuani mengatakan, pihaknya bersyukur karena di tahun baru 2021 ini masih bisa melewati masa sulit di tahun 2020 karena COVID-19. Dia juga merasa bangga kepada seluruh fungsi tekhnis kepolisian dalam membantu melaksanakan tupoksi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat di Sumut. “Apa yang sudah kita alami di tahun 2020 semoga bisa menjadi refleksi kita agar lebih baik lagi di tahun 2021 ini,” katanya.

Martuani mengharapkan kepada PJU yang menduduki jabatan baru memberikan yang terbaik kepada masyarakat agar ke depannya bisa menjadi lebih baik dalam pelayanan kepada masyarakat. Kemudian kepada pejabat yang akan meninggalkan Polda Sumut juga diharapkan dapat memberikan yang terbaik untuk tempat yang baru. “Dan yang akan sekolah semoga dapat menambah ilmu dan semoga menjadi lebih baik lagi ke depannya,” katanya.

Adapun mantan PJU Polda Sumut yang bakal sekolah lagi itu yakni: Mantan Dansatbrimob Polda Sumut, Kombes Abu Bakar Tertusi, Dirreskrimsus Polda Sumut, Kombes Rony Samtana. Keduanya akan mengikuti Dikreg XLVIII Sesko TNI T.A 2021. Kemudian, mantan Dirresnarkoba Polda Sumut Kombes Robert Da Costa, Dirpolairud Polda Sumut Kombes Roy Hutton Marulamrata Sihombing, Dirlantas Polda Sumut Kombes Wibowo. Tiga nama ini akan mengikuti Pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-30 T.A 2021

Kabid Humas Pernah di Papua, Kombes Tatan jadi Dirreskrimum

Kombes Pol Hadi Wahyudi resmi menjabat Kabid Humas Polda Sumut. Dia baru saja menerima kenaikan pangkat menjadi Komisaris Besar Polisi pada 1 Januari 2021. Hadi Wahyudi sebelumnya menjabat Wadir Lantas Polda Kalimantan Tengah.

Hadi Wahyudi sebelumnya pernah bertugas di Papua sebagai Kapolres Biak Numfor dan Wadir Binmas Polda Kalteng. Sementara Kombes Tatan kembali ke bidang spesialisasinya reserse kriminal. Menggantikan Kombes Pol Irwan Anwar yang digeser menjadi Kapolrestabes Semarang.(mustivan mahardhika)

Berikut daftar pejabat baru di Polda Sumut:
1. Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Suheru
2. Dirreskrimsus Polda Sumut Kombes John Carles Edison Nababan
3. Karo Rena Polda Sumut Kombes Harries Budiharto
4. Dirintelkam Polda Sumut Kombes Dwi Indra Maulana
5. Dirresnarkoba Polda Sumut Kombes Cornelius Wisnu Aji Pamungkas
6. Dirpolairud Polda Sumut Kombes Dadan
7. Dirlantas Polda Sumut Kombes Valentino Alfa Tatareda
8. Dirbinmas Polda Sumut Kombes Sofyan Hidayat
9. Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi
10. Dirreskrimum Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja
11. Kabagbinkar RO SDM Polda Sumut AKBP Jonner MH Samosir
12. Kapolres Tapanuli Utara AKBP Muhammad Saleh
13. Kapolres Samosir AKBP Josua NAM Tampubolon
14. Wadansat Brimob Polda Sumut AKBP James Parlindungan Hutagaol
15. Kapolres Tebing Tinggi AKBP Agus Sugiyarso