Sebanyak 1.170 Personel Polda Sumut Siap Amankan F1 Powerboat

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi
Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi

 

MEDAN, kaldera.id – Sebanyak 1.170 personel gabungan polri, TNI dan lainnya siap mengamankan kegiatan Powerboat yang digelar di Danau Toba sejak 2 hingga 3 Maret 2024. Ada 5 hal yang harus dilakukan personel agar kegiatan berjalan lancar dan aman.

“Selama Powerboat berlangsung sebanyak 1.170 personel gabungan terdiri dari Polri, TNI, BPBD, Satpol PP, Dishub dan Basarnas berkolaborasi agar kegiatan ini aman dan selamat,” ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan F1 Powerboat 2024 di Lapangan Mapolda Sumut, Selasa (27/2/2024) pagi.

Agung menjelaskan, apel gelar pasukan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan seluruh personel yang diturunkan dalam pengamanan kegiatan ini. Pengamanan seluruh rangkaian kegiatan itu dilakukan selama 8 hari sejak 27 Februari hingga 3 Maret. Sumatera Utara mendapatkan kontrak untuk melaksanakan kegiatan F1 Powerboat selama 5 tahun berturut sejak 2023 – 2028.

“Event F1 Powerboat ini digelar untuk meningkatkan pariwisata dan diikuti 18 peserta dari 10 negara dengan kru sekira 200 orang. Pengamanan akan dilakukan secara menyeluruh,” tambahnya.

Kegiatan skala internasional ini diharapkan dapat menyedot 30 hingga 50 ribu kunjungan wisatawan. Selain itu bisa memberikan dampak positif, terutama perekonomian masyarakat semakin baik.

Dia menekankan kepada personel keamanan untuk sungguh-sungguh mengamankan event tahunan tersebut dengan mempedomadi 5 hal.

“Pertama, pahami tugas, laksanakan secara profesional dan humanis, deteksi dini, dan siapkan langkah antisipasi. Lakukan manajemen rekayasa lalu lintas. Sehingga dapat diakses dengan mudah. Mantapkan soliditas pengamanan, siapkan mental dan fisik, jaga kesehatan,” pungkas jenderal bintang dua tersebut. (red)