Syah Afandin Akan Bangun Tempat Berkumpul Ulama, Harapkan Bimbingan Jalankan Pemerintahan

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin
Plt Bupati Langkat, Syah Afandin

LANGKAT, kaldera.id – Plt Bupati Langkat, Syah Afandin akan melanjutkan pembangunan tempat berkumpulnya para ulama yang sudah dijanjikan sebelumnya oleh Bupati Langkat non aktif, Terbit Rencana PA beberapa waktu lalu.

Syaf Afandin juga berharap Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak hanya menjadi lembaga seremonial semata, tapi benar-benar menjadi lembaga memperbaiki umat.

Hal ini disampaikan Syah Afandin ketika menghadiri Pelantikan dan rapat Rakerda Dewan Pimpinan MUI Langkat masa khidmat 2021-2026, di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Rabu (9/3/2022).

“Saya akan melanjutkan pembangunan tempat berkumpulnya para ulama yang sudah di janjikan oleh Bapak Terbit Rencana PA. Saya juga berharap MUI dan para ulama ada posisi yang kuat untuk memperbaiki umat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Ondim ini mengajak
semua pihak untuk bersama bergandeng tangan mendukung peran MUI menjalankan program yang religius di Langkat.

Kepada pengurus yang dilantik dirinya mengucapkan selamat berkhidmat dan berharap para ulama terus membimbingnya dalam menjalankan program-program pemerintahan.

Dalam kesempatan itu, Ondim juga menyerahkan secara simbolis bantuan hibah tahun anggaran 2022 kepada MUI Langkat sebesar Rp350 juta, LPTQ sebesar Rp100 juta dan BKPRMI Rp100 juta.

Pengurus MUI Langkat harus miliki perubahan

Sementara itu, Ketua MUI Sumatera Utara, Maratua Simanjuntak berpesan pengurus MUI Langkat harus miliki perubahan dan menjadi mitra pemerintah dan lembaga lainnya untuk membina umat.

“MUI harus melayani mengayomi dan melindungi umat. Sebab, itu termasuk tugas MUI,” katanya.

Dirinya juga menginginkan komisi fatwa mengeluarkan fatwa disetiap tahunnya.

Ketua Panitia Pelantikan, Syahrizal MZ menyampaikan, sebanyak 179 orang pengurus yang dilantik berdasarkan hasil musda majelis yang dilaksanakan di Hotel Saka Medan beberapa waktu lalu.

Syahrizal juga menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemkab Langkat, Polres Langkat, Dandim 0203 Langkat, Kejaksaan Negeri Langkat dan semua pihak, hingga pelantikan berjalan sukses.

Rakerda ini sendiri mengusung tema “memperkokoh eksistensi MUI sebagai solusi persoalan keumatan dan kebangsaan di Kabupaten Langkat”.

Adapun pengurus MUI yang dilantik antara lain, Ketua, Zulkifli Ahmad Dian, Sekretaris, Hishaq Ibrahim, Bendahara, Mansur, Wakil Ketua, Saiful Abdi, dan lainnya.

Kegiatan ini turut dihadiri sejumlah undangan, baik dari forkopimda, para ulama dan juga instansi pemerintahan. (ali)