Syah Afandin: Saya Tidak Mau HMKI Dipandang Sebelah Mata

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin
Plt Bupati Langkat, Syah Afandin

 

LANGKAT, kaldera.id  – Plt Bupati Langkat, Syah Afandin menegaskan, sebagai dewan pembina Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) dirinya memiliki tanggung jawab besar. Dirinya ingin organisasi ini harus diperhitungkan di Kabupaten Langkat.

Hal ini disampaikan Syah Afandin ketika menghadiri Pesta Cimpa dan Pelantikan bersama DPS Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Sektor Wampu, Secanggang dan Stabat di Pendopo Jentera Malai Rumah Dinas Bupati Langkat, Jum’at (27/10/20203).

“Maju mundurnya HMKI ini menjadi tanggung jawab saya. Saya tidak mau HMKI ini dipandang sebelah mata,” tegasnya.

Syaf Afandin juga menuturkan, dirinya tidak ingin organisasi tersebut hanya sekadar perkumpulan adat semata. Harus ada pergerakan ekonomi. Sebab, organisasi tidak akan bertahan kalau tidak ada ekonomi yang kuat.

“Kita harus mengutamakan etnis yang ada di Langkat baik karo, melayu untuk ambil peran di Langkat ini. Saya pesankan kepada Ketua DPC setelah ini kita buat kegiatan dan kita bicarakan program program apa yang bisa kita kolaborasikan antara HMKI dengan pemerintah,” pesannya.

Sementara itu, Ketua DPC HMKI Kabupaten Langkat, Meidi Kembaren berharap organisasi ini bisa berkembang dan dikembangkan di kecamatan masing masing. Terlebih lagi Plt Bupati Langkat sangat mendukung kehadiran organisasi ini.

“Untuk itu Saya mewakili masyarakat Karo mendukung Bapak Plt Bupati Langkat untuk melanjutkan kepemimpinan menjadi Bupati Langkat periode 2024-2029. Dedikasi beliau sangat besar untuk masyarakat karo di Kabupaten Langkat ini,” ungkapnya.

Ketua DPD HMKI Sumut dalam hal ini diwakilkan oleh Gena Kristo Tarigan berpesan kepada Ketua DPC HMKI Langkat pengembangan organidsasi ini tidak hanya disini, tapi juga di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat.

“Terus kembangkan hingga ke desa dan bermitralah dengan pemerintah, karena tanpa pemerintah organisasi ini tidak bisa berjalan,” ucapnya.(reza)