Pulang Dari Malaysia, 69 WNI Jadi ODP

Para WNI yang tiba di Bandara Kualanamu Internasional dari Malaysia. (ist)
Para WNI yang tiba di Bandara Kualanamu Internasional dari Malaysia. (ist)

MEDAN, kaldera.id – Sebanyak 69 warga negara Indonesia (WNI) pulang dari Malaysia dengan menumpang pesawat Malaysia Airline MH-864 tiba di Bandara Internasional Kualanamu Kab Deli Serdang, Selasa (28/4/2020).

Ke-69 WNI tersebut terdiri dari para TKI juga pelajar yang bekerja dan menimba ilmu di Malaysia. Kepulangan mereka juga karena mewabahnya virus Corona dan Malaysia menetapkan status lockdown.

Tiba di bandara, semuanya menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dalam penanganan Covid-19. Selain itu juga dilakukan wawancara hingga pemeriksaan dokumen di pintu imigrasi Bandara Kualanamu. Mereka pun, mendapat pengawalan dari TNI/Polri.

‎Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Kualanamu Dr Sofyan Hendri mengatakan pihaknya menjalani protokoler kesehatan sesuai prosedur pemeriksaan kesehatan covid-19. “Mulai dari pemeriksaan dengan mesin Body Cleaner, pendeteksi tubuh dengan alat Thermal Scanner hingga proses wawancara terkait kesehatan para WNI,” ungkap Sofyan kepada wartawan.

Sofyan mengungkapkan kondisi kesehatan mereka baik dan tidak ada mengarah atau gejala terpapar virus corona. Namun, puluhan WNI itu wajib menjalani isolasi mandiri di rumah mereka. “Jika ditemukan suhu tubuh diatas 38 derajat celcius akan langsung di rujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19 di Medan dan Deli Serdang. Jika seluruhnya negatif covid-19 mereka harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari sebab mereka berstatus ODP,” tegas Sofyan.

Kepulangan ke-69 WNI ini, dengan maskapai penerbangan yang sama ‎sebanyak 126 WNA asal Malaysia juga dipulangkan ke negara asal melalui Bandara Kualanamu. (haris)