Polrestabes Dorong Pemko Medan Perbanyak CCTV

MEDAN, kaldera.id – Polrestabes Medan dorong Pemko Medan untuk menambah closed circuit television (CCTV). Ini untuk mencegah kejahatan hingga mengungkap aksi kejahatan.

Itu dikatakan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko saat Ngobrol Asyik (Ngobras) dengan Wartawan Unit Polrestabes Medan di Media Center Polrestabes Medan, Jumat (17/7/2020). “CCTV sudah bukan lagi menjadi barang mewah, tapi sudah sebagai kebutuhan. Dengan adanya CCTV diharapkan menimbulkan rasa aman dan nyaman,” ungkap Riko.

Riko menambahkan, keberadaan CCTV cukup membantu pihaknya dalam pengungkapan kejahatan. Terutama aksi kejahatan jalanan. Apalagi banyak kejahatan diungkap dengan cepat setelah terekam CCTV dan viral di media sosial. Rekaman CCTV itu pula menjadikan kepolisian cukup bukti untuk mengungkap kasus tersebut.

Tak ayal, mantan Analis Kebijakan Madya Bidang Paminal Divpropam Polri itu mendorong Pemko Medan kiranya dapat melakukan penambahan dan penempatan CCTV. Dalam hal ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Pemko Medan. “Kita juga sudah koordinasi dengan Dishub. Karena selama ini pemasangan CCTV masih difokuskan untuk ke jalan raya, ke depan kita mendorong pemda dalam hal ini Pemko Medan untuk memperbanyak CCTV,” jelasnya.

Dalam pertemuan itu, Riko yang didampingi Kasubbag Humas Kompol Riama Siahaan, mendorong jika peran penting media sebagai mitra kepolisian. “Dalam mengelola Kamtibmas, saya beserta sekitar 2400 personel Polrestabes Medan tidak ada artinya jika tidak ada dukungan dari semua pihak termasuk rekan-rekan media. Kami butuh bantuan media baik langsung maupun tidak langsung dengan memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat,” pungkasnya. (haris)