Menhub: Ayo Naik Kereta Api

Menhub Budi Karya Sumadi saat berbicara di Stasiun Besar KA Medan, Sabtu (4/1/2020). (kaldera/hmsmdn)
Menhub Budi Karya Sumadi saat berbicara di Stasiun Besar KA Medan, Sabtu (4/1/2020). (kaldera/hmsmdn)

MEDAN, kaldera.id – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, mengajak masyarakat untuk lebih aktif menggunakan kereta api dibandingkan kendaraan pribadi.

Hal ini disampaikannnya dalam acara Forum Group Discussion yang diselenggarakan di Stasiun Besar Kereta Api Medan, Sabtu (4/1/2020).

“Kami berharap masyarakat lebih aktif lagi menggunakan kereta api dibandingkan kendaraan pribadi. Semakin banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan umum diharapkan dapat meminimalisir tingkat kemacetan khususnya di Sumatera Utara,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan CEO PT Medan Metropolitan Monorel, Kaspan Eka Putra. Keaktifan masyarakat menggunakan kereta api akan mengurangi tingkat kemacetan serta mempersingkat daya tempuh perjalanan dibandingkan dengan kendaraan lain.

BACA JUGA :  Seorang Pemulung di Jalan Thamrin Tewas Tertabrak Kereta Api

“Selain mengurangi kemacetan masyarakat juga lebih menghemat waktu tempuh dibandingkan menggunakan kendaraan lain,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, dengan menggunakan kereta api juga turut menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

“Misalnya perjalanan Medan – Kualanamu, jarak yang ditempuh itu hanya 28 menit dengan tarif Rp100 ribu. Ini lebih cepat dan murah dibandingkan kendaraan lain yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam dan tarif yang lebih mahal,” tambahnya.(finta rahyuni)