Menjelang Bulan Ramadan, Ini Cara Mudah Khatam Al-Qur’an Selama Puasa

Cara Mudah Khatam Al-Qur’an Selama Puasa Ramadan
Cara Mudah Khatam Al-Qur’an Selama Puasa Ramadan. (Ilustrasi)

MEDAN, kaldera.id – Memasuki tahun 2023, umat muslim di seluruh dunia mulai menanti momen bulan suci ramadan. Ada beberapa yang harus dipersiapkan umat muslim dalam menyambut bulan Ramadan yang penuh berkah dan kebaikan ini. Segala ibadah bernilai pahala yang berlipat ganda, salah satunya yaitu membaca Al-Qur’an.

Khatam Al-Qur’an juga tidak hanya sekedar menamatkan saja, umat muslim juga diharuskan memahami setiap huruf dan kandungan ayat yang ada di Al-Qur’an.

Salah satu trik yang bisa diterapkan umat muslim agar khatam al-qur’an tepat waktu selama bulan ramadan yaitu dengan One Day One Juz.

Berikut Manfaat Membaca Al-Qur’an dengan Trik One Day One Juz :

1. Khatam Al-Qur’an Secara Tepat Waktu

Memiliki jumlah yang sama antara juz dalam Al-Quran dengan jumlah selama satu bulan, menjadikan trik one day one juz pilihan yang tepat untuk khatam Al-Qur’an. Dengan minimal 2 lembar sebelum atau sesudah sholat fardu dengan 1 kali khatam.

2. Disiplin Dengan Waktu dan Bertanggung Jawab

Dengan menerapkan one day one juz melatih kita menjadi disiplin akan waktu serta memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan 1 juz dalam sehari.

3. Menjadikan Suatu Hal Tak Sia-Sia

Dengan menerapkan trik one day one juz, ketika membaca Al-Qur’an kita lebih fokus sehingga meninggalkan hal-hal yang tidak penting dilakukan.

4. Berlipat ganda pahala

Dengan menerapkan trik one day one juz, amalan baik setiap membaca Al-Qur’an mendapatkan pahala hingga berlipat ganda karena mampu menamatkan Al-Qur’an selama bulan Ramadan.

Salah satu amalan yang baik yakni membaca Al-Qur’an dan dengan trik one day one juz menjadikan kita lebih dekat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Membuat kita menjadi lebih konsisten dan meningkatkan ibadah kita setelah selesai bulan Ramadan. Semangat ! (riza r)