Dinkes Sergai dan Ponpes Abdullah Al Busyroni Bangun Komitmen Bersama Hidup Bersih dan Sehat

Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur'an Abdullah Al Busyroni di Jl. Pelintahan (Bedagai), Desa Sei Rampah, Selasa (20/2/2024).
Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur'an Abdullah Al Busyroni di Jl. Pelintahan (Bedagai), Desa Sei Rampah, Selasa (20/2/2024).

SERDANG BEDAGAI, kaldera.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Abdullah Al Busyroni di Jl. Pelintahan (Bedagai), Desa Sei Rampah, Selasa (20/2/2024).

Kunjungan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Serdang Bedagai, dr. Hendri Yanto. Mereka berkoordinasi dan berkomitmen dalam mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan pesantren, serta menyepakati program kesehatan yang akan rutin dilakukan oleh para santri melalui UPT Puskesmas terdekat.

Direktur Pondok Pesantren Abdullah Al Busyroni, Bachtiar Ahmad Fani Rangkuti, S.Sos. I., M.Si. Al-Hafizh, menyambut baik kunjungan ini. Dia mengataskan, pengelolaan pesantren saat ini tidak hanya mengenai pendidikan agama, tetapi juga mengenai pengamalan agama sebagai dasar pendidikan. Kami membuka diri untuk bekerja sama dengan dinas kesehatan dalam memberikan informasi dan arahan tentang perilaku hidup bersih dan sehat, serta pencegahan dan penanggulangan kejadian luar biasa bagi masyarakat pesantren

“Dengan kunjungan ini, pengurus dan pengawas pesantren bertekad untuk memotivasi para santri untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat, mulai dari kebersihan lingkungan hingga kondisi fisik yang sehat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran para santri,” kata Bachtiar.

dr. Hendri Yanto, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Serdang Bedagai, menyatakan, Pondok Pesantren Abdullah Al Busyroni merupakan pesantren pelopor yang sangat membuka ruang bagi dinas kesehatan untuk bersinergi.

“Kunjungan ini menegaskan komitmen bersama antara pesantren dan dinas kesehatan dalam mempromosikan gaya hidup sehat dan meningkatkan kesejahteraan para santri serta masyarakat sekitar,” pungkasnya.(efri surbakti/red)