Gunung Sinabung Kembali Erupsi Malam Ini, Kolom Abu 4 Km Diatas Puncak

Gunung Sinabung Kembali Erupsi Malam Ini, Kolom Abu 4 Km Diatas Puncak
Gunung Sinabung Kembali Erupsi Malam Ini, Kolom Abu 4 Km Diatas Puncak

MEDAN, kaldera.id – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) kembali mengalami erupsi pada Rabu (18/8/2020) pukul 18.23 WIB.

Mengutip situs resmi Magma Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tinggi kolom abu pada malam ini sekitar 4000 meter (4 kilometer) di atas puncak.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 100 mm dan durasi 11 menit 48 detik. Saat ini Gunung Sinabung masih pada status level III atau siaga.

Akibatnya, masyarakat dan wisatawan dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas di desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Sinabung. Serta radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur, dan empat kilometer sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Masyarakat juga diminta mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

Selain itu, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai yang berhulu di Gunung Sinabung diminta tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Dini hari tadi, Sinabung juga mengalami erupsi dan kolom abu terpantau mencapai 2.000 meter (2 kilometer) di atas puncak. Erupsi terjadi pada pukul 00.54 WIB. (finta rahyuni)