Sedimentasi Penuhi 80% Parit MUDP di Kelurahan Binjai

Walikota Medan, Bobby Afif Nasution masuk ke dalam saluran parit Medan Urban Development Project (MUDP) di Jalan Menteng Raya, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Minggu (13/3/2022).
Walikota Medan, Bobby Afif Nasution masuk ke dalam saluran parit Medan Urban Development Project (MUDP) di Jalan Menteng Raya, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Minggu (13/3/2022).

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Bobby Afif Nasution masuk ke dalam saluran parit Medan Urban Development Project (MUDP) di Jalan Menteng Raya, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Minggu (13/3/2022).

Saat turun ke dalam menyusuri saluran air selama 20 menit, Bobby menemukan penyebab banjir yang terjadi selama ini di kawasan tersebut. Parit tersebut 80 persen sudah dipenuhi sendimen, tepatnya di bawah Jembatan Sungai Denai. Akibatnya, jalan air tidak lancar.

“Saya minta ini segera di selesaikan. Sebab, kita sudah menemukan akar permasalahannya. Sendimen yang cukup tebal di salah satu saluran membuat air tidak mengalir ke sungai. Ini enyebabkan genangan air di pemukiman warga, “Kata Bobby.

Bobby juga menginstruksikan mobil pemadam kebakaran untuk menyemprotkan air dengan tekanan tinggi ke dalam saluran parit agar menghancurkan tebalnya sendimen.

Sementara itu Kadis PU Topan OP Ginting menjelaskan, pihaknya akan melebarkan dimensi pintu keluar saluran yang bermuara ke Sungai Denai dengan menggunakan braker dan jack hammer. Selain itu dilakukan penyemprotan sendimentasi dengan menggunakan air dari mobil pemadam kebakaran. Sebab, jika dilakukan manual sangat sulit untuk mengangkut material dari dalam.

“Mudah-mudahan kita semprot dengan tekanan air yang tinggi sendimen yang ada disaluran hancur dan keluar. Selanjutnya sampah yang mengalir akan kita tampung di mulut drainase yang mengalir ke sungai Denai,” Sebut Topan.(reza)