Zakat Langkat Minim, Ondim Siap Jadi Garda Terdepan Ajak ASN Berzakat

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin
Plt Bupati Langkat, Syah Afandin

LANGKAT, kaldera.id – Plt Bupati Langkat, Syah Afandin menerima Pengurus Baznas Langkat di Kantor Bupati Langkat, Stabat, Selasa (29/3/2022).

Ketua Baznas Langkat, Thantawi Jauhari menyampaikan, berdasarkan pengamatannya, saat ini zakat di Langkat masih minim.
Untuk itu dirinya berharap kepada Plt Bupati Langkat memberikan imbauan kepada ASN Langkat agar berzakat dan berinfaq di Baznas.

“Kalau pun boleh, Plt Bupati Langkat menyerahkan zakatnya kepada Baznas secara simbolis lalu diberitakan dan upload di media sosial untuk menjadi contoh,” harapnya.

Jauhari mengungkapkan, pihaknya akan merenovasi Kantor Baznas. Sebab, atapnya bocor. Selain itu, pihaknya juga berencana akan kembali mengaktifkan panti asuhan di Desa Pantai Gemi, Kecamatan Stabat bekerjasama dengan MUI Langkat untuk mengkader pendakwah di Langkat.

“Kami juga berencana di Ramadhan kali ini untuk membagi sembako sebanyak 2.500 paket untuk 23 kecamatan di Langkat. Insya Allah, Kamis nanti Baznas Sumut dan Baznas Langkat akan membagikan beasiswa untuk anak Langkat yang berprestasi,” sebutnya.

Sementara itu, Syah Afandin meminta transparansi keuangan dan pengeluaran di Baznas Langkat dengan mempublikasikan agar peserta zakat baik dari ASN maupun masyarakat mengetahui kemana arah dan tujuan yang diberikan.

Soal dukungan, Afandin mengaku mendukung bahkan siap bersama Baznas Langkat untuk ke Baznas Sumut mempelajari teknis pengumpulan zakat. “Saya siap ke Baznas Sumut agar yang didapat dijadikan acuan untuk kita bersama. Saya juga siap menjadi garda terdepan menghimbau ASN Langkat untuk berzakat dan berinfaq di Baznas Langkat,” tambahnya.(reza)