Terminal Amplas Kini Bertaraf Internasional, Desember Mulai Beroperasi

Menhub,Budi Karya Sumadi bersama Walikota Medan, Bobby Nasution di Terminal Amplas
Menhub,Budi Karya Sumadi bersama Walikota Medan, Bobby Nasution di Terminal Amplas

 

MEDAN,kaldera.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi didampingi Walikota Medan, Bobby Nasution meninjau Terminal Tipe A Amplas, Sabtu (24/9/2022). Peninjauan ini untuk melihat progres revitalisasi yang tengah dilakukan.

Rencananya pengerjaan terminal di atas lahan seluas sekitar 20.162 M2 tersebut rampung November 2022 dan akan dioperasikan Desember mendatang.

Dalam peninjauan yang juga turut dihadiri Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad ini, Bobby Nasution dan Budi Karya juga melihat berbagai fasilitas yang ada di terminal, diantaranya gedung terminal, mess pegawai, ruang istirahat supir, lahan parkir dan tenant/toko.

Budi Karya mengungkapkan, terminal ini dibangun bertaraf bandara internasional. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menjadikan Terminal Tipe A Amplas sebagai pusat lintasan antar moda yang efektif dan maksimal.
“Di depan untuk angkutan dalam kota dan yang di belakang untuk luar kota,” kata Budi.

Dirinya juga meminta dalam waktu 2 bulan untuk memindahkan operator angkutan perkotaan yang ada di luar agar dapat pindah ke terminal. “Saya minta tolong Pak Wali dan Pak Dandim. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat berjalan dengan lancar,” harapnya

Sementara itu, Bobby Nasution mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah membangun Terminal Amplas ini. Bobby berharap, akhir tahun 2022 ini Terminal Tipe A Amplas sudah selesai pembangunannya, baik bangunan secara fisik maupun operasionalnya. Selain itu, menantu Presiden Joko Widodo ini juga berharap agar terminal ini dapat digunakan dengan maksimal dan efektif oleh masyarakat Kota Medan.

“Fasilitasnya juga sudah sangat lengkap, baik untuk masyarakat Kota Medan sebagai pengguna angkutan umum. Mudah-mudahan terminal ini dapat menjadi tempat yang lebih baik,” pungkasnya.(Reza)